17.3.16

Blood Diamond

Ringkasan :
Blood Diamond


Konflik perebutan tambang berlian di daerah konflik di Afrika, yang berawal dari sekelompok pemberontak yang menciptakan perang di daerahnya sendiri, hal tersebut mengakibatkan perpecahan dan perpisahan para warga dan keluarga di daerah tersebut, dalam kisah cerita yang ada di dalam film tersebut banyak sekali pelajaran yang bisa kita semua ambil salah satunya adalah betapa hebatnya seorang bapak dari sebuah keluarga kecil yang hanya mencukupi keluargannya dari pekerjaannya sebagi nelayan. Cita-cita besar dari anak laki-lakinya yang semngat menuntut ilmu dan isteri tercinta yang sangat menyayangi suami dan anak-anaknya.

Suatu hari pada saat pemberontak mendatangi daerah mereka, kekejaman yang berakibat pertumpahan darah di daerah mereka sendiri pun terjadi. Hati tidak lagi ada rasa belas kasihan untuk membunuh orang lain yang menurut mereka harus dibunuh, namun penyerangan yang terjadi tersebut bukan semata untuk membunuh namun perekrutan tenaga untuk dijadikan pekerja ditambang berlian. Kekejaman yang terjadi di tambang turus menerus terjadi. Apa daya mereka para pekerja melawan pun tidak bisa, dengan sangat terpaksa mereka pun bekerja dan diberi imbalan yang tidaklah sebanding dengan pekerjaan yang mereka lakukan.


Dalam cerita diatas banyak sekali hal-hal yang memang tidaklah seharusnya terjadi, bagaimana tidak? Mereka bekerja mencari kekayaan bumi di tanah kelahiran mereka sendiri dan mereka tidak dapat menikmatinya. Dari masalah yang timbul tersebut bisa kita jadikan pelajaran. Sumber daya alam yang begitu berlimpah yang telah ada didaerah sendiri namun tidak bisa dinikmati dan hanya bisa menjadikan daerah tersebut berjatuhan korban jiwa. Jika memang ada sumber daya alam yang begitu kaya, namun jika sumber daya manusia yang ada tidaklah berkwalitas maka yang terjadi adalah sumber daya manusia hanyalan dijadikan tenaga-tenaga untuk mengambil kekayaan dan menerima lingkungan yang rusak dan tercemar.


Dari sedikit cerita diatas, begitupun kehidupan kita sehari-hari banyak sekali hal yang membuat kita tidaklah sadar bahwa lingkungan yang kita miliki merupakan kekayaan lam kita, yang harus dijaga dan dilindungi demi masa depan kita semua. Bukan hanya keinginan saja yang kita bicarakan namun tindakan yang sederhana yang disa kita semua lakukan itulah yang diperlukan, mulai dari sendiri dengan cara meningkatkan kwalitas diri kita untuk lebih mencintai lingkungan yang mungkin orang lain menganggapmya adalah suatu tindakan yang konyol dan memalukan, mereka yang berfikir demikian tidaklah sadar bahwa mereka pun ingin tinggaal dilingkungan yang damai dan tentunya lingkuyngan yang sehat. Maka mari demi tercapainya sumberdaya manusia yang lebih berkwalitas demi melindungi lingkungan dan kekayaan alam yang kita miliki kita semua haruslah sadar diri, berawal dari hal yang keci dan yang harus selalu kita kerjakan, menambah pengetahuan dan keterampilan demi kwalitas sumber daya manusia yang lebih baik demi kekayaan alam dan lingkungan disekitar kita.

0 comments:

Post a Comment