17.3.16

The Story of bottled Water

Ringkasan :
The Story of bottled Water

            Dalam kehidupan sehari-hari semua manusia di dunia ini membutuhkan air untuk memenuhi kebutuhan dasar terutama untuk minum, namun ada satu hal yang sedikit sekali mereka ketahui, yaitu bagi para mereka yang suka membeli air kemasan botol yang tersedia hampir disemua tempat penjual makanan atau minuman. Bisa kita ketahui bersama bahwa air mineral yang kita beli dalam kemasan botol tidaklah jauh berbeda dengan air biasa yang bias kita semua dapatkan dengan mudah dimana saja dan bahkan bisa kita dapatkan secara gratis. Air mineral dalam kemasan botol memang banyak orang menganggapnya lebih mudah didapatkan dan praktis, namun jika kita fikirkan akibat dari sisa botol dari air mineral yang kita beli akan berdampak buruk terhadap lingkungan yang ada.

            Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa plastik adalah limbah yang sangat sulit untuk diuraikan dan bahkan akan memerlukan waktu yang lama sekali untuk bisa diuraikan, kita semua mungkin memang sudah faham untuk hal tersebut. Semua yang kita anggap mudah tentang air minum kemasan botol ternyata tidaklah mudah dan praktis seperti pemikiran kita saaat membelinya dimana saja, dampak yang diakibatkan dari limbah plastik tersebut ternyata amatlah besar dan berakibat sangat mencemari lingkungan. Mungkin memang banyak orang yang bisa memanfaatkan hal tersebut misalnya didaur ulang menjadi kerajinan tangan yang bisa bernilai uang, namun itu bukanlah akhir dari perjalanan botol plstik tersebut jika kita terus mengikuti perjalanan limbah tersebut mungkin umur kita tidak akan cukup untuk mengikuti perjalanan limbah tersebut.


            Sudah banyak kita ketahui tentang bahaya dan akibat yang disebabkan oleh limbah botol plastik tersebut, bukan hanya di Negara kita tercinta saja yang banyak sekali terdapat limbah botol bekas kemasan air mineral tersebut, Di Negara lain pun demikian bahkah bisa dikatakan diseluruh dataran bumi tempat untuk manusia huni banyak sekali limbah plastik bekas kemasan air mineral. Memang sudah banyak yang kita ketahui tentang bahaya limbah plastic dari botol kemasan. Tidak hanya bahaya bagi tanah saja, melainkan plastik juga bahaya terhadap media air. Limbah plastik yang menumpuk akibat kurang kesadaran masyarakat yang membuangnya sembarangan termasuk membuang di selokan ataupun sungai dapat menyebabkan pencemaran lingkungan serta banjir. Dengan banyaknya limbah plastik yang terkumpul dapat menyebabkan timbulnya zat berbahaya di dalam air. Akibatnya adalah hewan-hewan penghuni sungai mati akibat dari pencemaran dari limbah plastik yang menimbulkan zat berbahaya.

Oleh sebab itu mengetahui dari sifat plastiik dari kemasan botol dan sampah plastik lainnya yang sangat susah diurai oleh tanah dan dapat membunuh cacing atau pengurai dalam tanah, memang sudah banyak perusahaan yang menciptakan kantong dari plastik yang mudah hancur dan diurai oleh tanah. Meskipun begitu alangkah baiknya jika kesadaran masyarakat untuk mengontrol penggunaan plastik agar tidak berlebihan serta tidak membuangnya di sembarangan tempat. Begitu pula mengenai air mineral kemasan botol yang biasa kita beli, jika difikirkan betapa mudahnya kita bisa mendapatkan air untuk bisa kita minum setiap hari selain membeli dari air mineral kemasan botol, Misalnya kita bisa membaanya langsung dari rumah setiap kita akan beranjak pergi, kita bisa membeli botol minuman yang bisa digunakan dengan jangka waktu yang lama. Dari tindaakan yang sangat sederhana tersebut kita pun bisa turut serta mengurangi pencemaran lingkungan.

0 comments:

Post a Comment