6.1.16

The Problem Is Always About Defining The Problem



Fiki Fatimah
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Pengertian Masalah adalah kesenjangan antara harapan dengan kenyataan. Atau dapat dikatakan sebagai suatu kesenjangan yang terjadi antara kondisi ideal yang didambakan dengan kenyataan yang tengah dijalani.
Masalah akan muncul bila mana keinginan suatu indvidu tidak mampu ia penuhi karna berbagai kondisi dan keterbatasan yang ia miliki.

Langkah-Langkah Menemukan Solusi Jitu :
Ada caranya menemukan solusi dari setiap masalah yang kita hadapi. Penyakit diciptakan dengan obatnya, begitu juga masalah dengan solusinya. pertanyaanya ialah, maukah kita berusaha menemukan solusi atau hanya dia dan mengeluh?
Kenaikan harga adalah masalah, sebab gaji belum tentu naik. Dari pada Anda menghabiskan waktu dan energi untuk mengeluh, lebih baik alihkan energi itu untuk berusaha menemukan solusi. Keduanya memerlukan energi namun dengan hasil yang berbeda.


Langkah #0: Kembali Ke Titik Nol, Do’a dan berusaha yang terbaik
Kenapa ada orang yang begitu sulit menemukan solusi? Karena pikirannya sudah penuh dengan ketidak mungkinan dan kata tapi. Dia stress menghadapi masalah, namun saat ada nasihat bagiamana menemukan solusi, maka yang keluar dari mulutnya adalah kata tidak mungkin dan kata tapi.
Dia merasa sudah memikirkan segalanya dan mengambil kesimpulan tidak ada solusi. Meski dia bertanya, namun semua nasihat akan dijawab dengan “tidak mungkin”, “tidak bisa”, “saya sudah mencoba”, atau “tapi….” dengan segudang alasan untuk mempertahankan masalahnya.
Betulkah dia mencari solusi atau ingin mendapatkan pengakuan atas kemalasan atau hanya ingin dikasihani?
Jika Anda memang betul ingin menemukan solusi atas masalah Anda, maka langkah pertama adalah kembalilah ke titik nol, artinya siap menerima solusi, apa pun dan dari siapa pun. Jangan pernah menolak ide atau nasihat, terimalah dan pikirkan dengan baik, dengan pikiran nol atau sering kita sebut dengan pikiran jernih. Tidak terkontaminasi oleh ego dan kemalasan.
Siap?
Mulailah dengan do’a, mintalah petunjuk dari Allah agar memberikan solusi bagi kita, dan sandarkan semua usaha kita kepada Allah. Biarkanlah Allah yang membimbing kita menemukan solusi. Ini yang disebut dengan tawakal. Tawakal kerja hati, sementara ihtiar usaha fisik yang tidak saling mengganggu.

Langkah #1: Anda Akan Menemukan Solusi Jika Mengetahui Akar Permasalahannya
Untuk menemukan solusi jitu, Anda harus menemukan akar permasalahannya atau akar penyebab kenapa masalah ini bisa terjadi. Banyak yang mengeluh, bahwa solusi tidak memberikan manfaat jangka panjang, karena solusi itu belum menyentuh akar permasalahannya (root cause).
Cara sederhana menemukan root cause adalah dengan bertanya, mengapa ini terhadi, kemudian tanyakan lagi mengapa, mengapa terus sampai menemukan akarnya. Perlu waktu untuk memikirkannya, perlu waktu untuk menemukan solusi, tetapi sebanding dengan hasilnya.

Langkah #2: Jangan Memusingkan Hal-hal Kecil Atau Membesar-besar Masalah
Sering kali banyak masalah yang sebenarnya tidak perlu dibesar-besarkan. Banyak masalah akan selesai kalau Anda mau bicara, tetapi tetap saja tidak bicara. Banyak masalah bisa selesai kalau Anda bertindak tegas, tetapi tetap saja tidak dilakukan.
Bahkan kadang ada orang yang selalu membesar-besarkan masalah, merembet kesana sini, akhirnya fokus Anda menemukan solusi jitu bisa terganggu.

Langkah #3: Bertanggung Jawab Menghadapi Masalah
Bertunggung jawablah terhadap masalah, tidak menyelah orang lain, tidak menyelahkan lingkungan, dan pemerintah. Tetapi Anda mengambil tanggung jawab untuk mengatasi masalah. Memang sulit untuk mengubah diri, tetapi jauh lebih sulit mengubah orang lain dan lingkungan. Mulailah menemukan solusi dengan cara bertanya:
“Apa yang harus saya lakukan agar masalah ini selesai?”
“Apa yang harus saya ubah pada diri saya agar masalah ini selesai?”
Pertanyaan ini ajaib, Anda akan menemukan solusi yang luar biasa. Percayalah.

Langkah #4: Mintalah Bantuan
Banyak hal yang belum kita ketahui, maka jika kita mengalami kebuntuan dalam berpikir, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan. Banyak orang yang mau membantu Anda, jika
·         Anda terbuka dengan bantuan mereka, siap menerima nasihatnya (bukan berarti harus melakukannya).
·         Jangan manja, atau minta disuapin. Mintalah nasihat secara garis besar, lakukan hal detil oleh Anda. Jangan: sedikit-sedikit nanya, sedikit-sedikit minta tolong.
·         Memintanya dengan cara baik, tidak memaksa, dan bersabar sebab orang yang Anda minta bantuan pun punya kesibukan dan juga masalah.
·          
Langkah #5: Bersabar dalam Menemukan Solusi
Menemukan solusi sering kali memerlukan waktu yang cukup lama, tidak tiba-tiba datang, tidak seperti tongkat sihir. Anda perlu bersabar. Artinya tetap berusaha menemukan solusi, tidak diam, tidak menyerah.


Sumber : Suhardono.Rene . (2015) . The Problem Is Always About Defining The Problem . Kompas . 10 Oktober . Hal 15

0 comments:

Post a Comment