11.1.16

Cermati Kesiapan Lawan, Hadapi MEA!




Oleh: Nunuk Priyati
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kardin) Indonesia Rosan Perkasa Roeslani berpendapat, mental positif dan juara harus dimiliki bangsa ini sebelum melangkah lebih jauh dalam MEA. Mentalitas seperti ini akan fokus pada hal-hal positif dan bermanfaat, seperti mencari peluang pasar, menjajaki kemungkinan berkolaborasi dengan pelaku usaha di tingkat nasional atau Negara lain. Menurut Rosan, pemangku kepentingan boleh optimis, antara lain karena Indonesia mempunyai lebih banyak hal strategi untuk ditawarkan dibandingkan dengan Negara ASEAN lain.
Populasi besar Indonesia dinilai bukan hanya menarik sebagai tujuan pasar, melainkan juga berpotensi mendorong negeri ini agar bisa menjadi basis produksi. Belum lagi, pasar Indonesia sulit ditembus karena mempunyai hambatan alami lebih tinggi dibandingkan dengan pasar Negara ASEAN lain. Kondisi budaya, bahasa, geografis, dan demografis disebutkan Rosan sebagai keuntungan alami bagi pelaku usaha di Indonesia yang hendak mendominasi pasar negeri sendiri.

Namu, saat berkompetisi, jangan lalai mencermati kesiapan lawan tanding. Ketua Umum gabungan pengusaha makanan dan minuman Indonesia Adhi S Lukman mengingatkan kesiapan Negara tetangga menghadapi MEA. Ikhtiar menguasai pasar tak lagi sebatas mengirim produk. Penguatan jaringan pemasaran mutlak dibutuhkan agar penetrrasi produk kian cemerlang.
Daftar Pustaka:
Saptowalyono, A.C. (2016) Siapkan Mental, Mari Berkompetisi: kompas, senin 4 januari 2015 hal 11

0 comments:

Post a Comment