11.1.16

Keamanan Emosional Pada Diri Seseorang




Oleh : Nunuk Priyati
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
 
Manusia adalah makhluk hidup yang memiliki beberapa sifat. Salah satu sifat yang dimiliki manusia yaitu sifat emosional. Sifat emosional yang tidak terkendali dapat menimbulkan permasalahan dalam berinteraksi antar individu dan dapat juga mengganggu aktifitas npribadi seorang individu. Seorang dengan sifat emosional yang tidak terkendali, ia dalam keadaan kesehatan mental yang kurang baik dan tidak mempunyai keamanan emosional.
            Bagaimana manusia bisa dikatakan mempunyai keamanan emosional ? Menurut Allport, Seseorang yang sehat mjentalnya dan keamanan emosionalnya yaitu seseorang yang dapat mengendalikan emosinya, mereka bukan tawanan dari emosi – emosi mereka, dan mereka juga tidak berusaha bersembunyi dari emosi – emosi itu (Hidayat & Herdi, 2013).
            Kualitas lain dari keamanan emosional ialah apa yang disebut Allport “ Sabar Menghadapi Kekecewaan” (Hidyat & Herdi, 2013). Hal ini menunjukkan seseorang bereaksi terhadap tekanan dan terhadap hambatan dari kemauan – kemauan dan keinginan – keinginan. Orang yang sehat senantiasa bersabar menghadapi kemunduran – kemunduran, mereka tidak menyerahkan diri pada kekecewaan, tetapi mampu memikirkan cara – cara yang berbeda yang kurang menimbulkan kekecewaan untuk mencapai tujuan – tujuan substitusi. Kekecewaan – kekecewaan tidak melumpuhkan kepribadian yang sehat seperti yang kerapkali terjadi pada orang – orang yang neurotis yang tidak dapat begitu sabarterhadap kekecewaan, tidak dapat begitu menerima diri, atau tidak dapat begitu banyak mengontrol emosi mereka, jika mereka tidak dapat merasakan suatu dasar akan keamanan(Hidayat & Herdi, 2013).
            Selanjutnya, dari penjelasan diatas, penulis akan memberikan contoh orang yang mempunyai keamanan emosional yang baik.Yaitu ketika ada seorang anak merasakan benci pada orang lain,ia menceritakan permasalahan bencinya pada slah satu temannya yang dipercaya, sehingga ia merasa lega dan dapat meminimalisir kebenciannya. Dan pada akhirnya ia dapat mengontrolperasaan bencinya. Disini seorang anak tersebut bias dikatakan mempunyai keamanan emosional yang berarti juga mempunyai kesehatan mental yang baik.

Daftar Pustaka :
Hidayat, D. R., Herdi. (2013). Bimbingan konseling: kesehatan mental di sekolah. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

0 comments:

Post a Comment