27.12.15

RINGKASAN ARTIKEL: SAMPAH BERSERAKAN DI SELOKAN MATARAM



Restu Wahyuningtyas
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Sampah berserakan adalah sampah yang dibuang atau dibiarkan tidak pada tempatnya. Ketika sampah berserakan di selokan ,dalam hal ini di selokan mataram, terjadi karena masih ada orang yang tidak peduli dengan kebersihan lingkungan. Mereka secara diam-diam membuang sampah di selokan. Dikatakan diam-diam karena biasanya mereka membuang sampah pada pagi hari saat suasana masih sepi dan gelap.
Perilaku membuang sampah di selokan masih terjadi karena kita kurang peduli dan kurang peka terhadap perilaku tersebut. Definisi kebersihan sebagian dari iman hanya diterapkan dilingkungan rumah sendiri, karena selokan mataram bukan bagian dari rumah sendiri maka kurang diperhatikan kebersihannya.
Kebersihan selokan mataram ini menjadi tanggung jawab semua pihak seperti warga sekitar selokan, warga yang melewati selokan, petugas kebersihan, sampai pada pemerintah. Bagi warga baik yang tinggal di sekitar selokan maupun yang melewati perannya dalam menjaga kebersihan selokan sangat besar. Hal ini karena mereka berada dekat dengan selokan.
Pemerintah melalui petugas-petugas kebersihan bisa memberikan andil dalam menjaga kebersihan selokan dengan memberikan sosialisasi,  edukasi, dan memberikan wewenang pada penegak hukum untuk memberikan hukuman kepada warga yang membuang sampah di selokan. Hukuman ini sebaiknya dilaksanakan dengan tegas baik hukuman berupa penahanan atau pembayaran denda.
Perilaku yang dapat kita kembangkan disini misalnya dengan membiasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu memilah sampah juga perlu untuk dilakukan. Sampah yang sudah dipilah, ada yang bisa didaur ulang menjadi barang-barang berguna. Misalnya sampah plastik di daur ulang menjadi tas, hiasan meja, dll.
Sumber tulisan:
Sunarta. (2015). Sampah berserakan di selokan mataram. Kedaulatan Rakyat edisi Minggu Pon 4 Januari

0 comments:

Post a Comment