27.12.15

RINGKASAN ARTIKEL: KALI WINONGO JADI PUSAT WISATA



Restu Wahyuningtyas
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Kali Winongo yang masuk dalam daftar program penataan area sungai di Yogyakarta, masih menjadi isu di kalangan pemerintah kota Yogyakarta. Program ini masih menjadi isu karena pelaksanaan penataan area tersebut belum sepenuhnya terlaksana. Masalah yang terkait dengan hal ini adalah besarnya dominasi pemerintah kota akan program penataan area sungai di Yogyakarta.
Program penataan area sungai akan menjadi lebih cepat berjalan jika pemerintah kota Yogyakarta mengajak pihak luar. Pihak luar yang perlu disertakan dalam program ini adalah masyarakat Yogyakarta, terutama masyarakat yang tinggal di kawasan bantaran sungai tersebut. Selain itu peran aktif dari komunitas peduli lingkungan seperti Forum Komunikasi Winongo Asri (FKWA), Pemerti Code, Forum Silaturahmi Daerah aliran Sungai (Forsidas) Gajah Wong, serta komunitas-komunitas lain sangat diperlukan.Peran mereka sangat diperlukan demi kelancaran menjalankan program pemerintah. Dimana kali Winongo akan menjadi pusat wisata pada tahun 2030.
Selain mengajak masyarakat dan komunitas peduli lingkungan, pemerintah juga mengambil beberapa solusi lain untuk terlaksananya program tersebut. Langkah-langkah yang perlu diambil pemerintah antara lain dengan mengajak pihak swasta dengan program CSR (Corporate Social Responsibility) milik swasta dan perlu mengadakan festival budaya tahunan di area yang masuk dalam program penataan area sungai.
Kepedulian akan lingkungan yang diserahkan kepada pihak lain/pemerintah ini berkaitan dengan psikologi lingkungan. Dalam psikologi lingkungan kita mengenal adanya karakter eksternal locus of control. Karakter eksternal locus of control yaitu karakter dimana orang cenderung menyerahkan nasib mereka kepada pemerintah, masyarakat lain dan pihak luar. Lingkungan tempat tinggal kita adalah milik kita sehingga kepedulian dan peran kita terhadap lingkungan sangat diperlukan.

Sumber:
Wahdan, A. (2014). 2030, kali winongo jadi pusat wisata. Kedaulatan Rakyat. Edisi 23 November. Hal.2

0 comments:

Post a Comment