27.12.15

Ringkasan artikel: The Power of Words (3): Memang Luar Biasa !!!


Restu Wahyuningtyas
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Kata yang diucapkan bisa membuat orang menjadi tidak percaya diri, rendah diri bahkan bisa sampai kehilangan semangat hidup dan daya juang. Akibat dari kata-kata yang membuat orang seperti itu adalah gagal dalam meraih cita-cita. Selain itu kata-kata negatif yang sering diucapkan pada orang lain akan membuat orang merasa bukan apa-apa dan bukan siap-siapa. Misalnya seorang karyawan yang berkata, “Saya hanya seorang karyawan admin...”.
Selain membuat orang menjadi rendah diri dan kehilangan semangat dan daya juang, kata-kata juga bisa membuat orang menjadi marah. Meskipun kata yang diucapkan itu tidak secara sengaja, bisa saja kata-kata membuat orang murka yang luar biasa. Seperti kisah seorang customer service sebuah toko pakaian yang membuat pelanggannya menjadi sangat murka berikut ini.
Seorang pelanggan pria mengenakan blue jeans, kaos serta memakai sepatu sandal berbelanja dan menanyakan harga sebuah jaket. Pria itu meminta kepada customer service untuk diambilkan jaket dengan kualitas paling bagus, dan customer service itu mengambilkan beberapa jaket. Pria itu ternyata tidak cocok dengan jaket yang diambilkan dan meminta jaket lain yang ada di ujung lemari. Customer service mengambilkan jaket yang diminta dan menyerahkan  jaket itu sambil berkata,”yang ini mahal Pak..”. apa yang terjadi? Pria itu berteriak, “Apa?? Mahal ?? Berapa harganya??”. Customer service menjawab dengan bergetar,” dua juta rupiah Pak..”. Pria itu menjawab dengan berteriak lagi,”Cuma 2 juta? Tahu nggak ? Supermarket ini bisa sya beli malam ini juga saya bayar !!”. Customer service itu gemetaran, dan dari jauh seorang supervisor berlari-lari mendekati pria itu. Dengan tangan dilipat supervisor itu berkata,”Mohon maaf Bapak, kami tidak bermaksud menyinggung Bapak...Benar-benar kami mohon maaf,”. Pria itu tidak mau duduk meski sudah dipersilakan,akhirnya pria itu berlalu dengan perasaan masih dongkol. Ternyata pria yang ingin membeli jaket itu adalah salah seorang jutawan.
Kesalahan customer service itu adalah mengucapkan kata-kata yang membuat pelanggannya marah dengan kata-kata yang seolah merendahkan pelanggan. Dalam situasi apapun bila kita tidak mampu merangkai dan mengucapkan kata-kata dengan baik akan berbahaya bagi kita. Tindakan yang tidak baik ketika seseorang menilai orang lain dari penampilan atau pakaian yang dikenakannya. Terlebih lagi terhadap customer atau pembeli yang benar-benar harus dilayani denan mengesankan.
Kata yang  diucapkan memang memiliki dampak yang luar biasa. Sehingga kita perlu belajar memilih kata-kata yang pas, yang membuat nyaman, berdampak positif, mampu menyentuh hati, membakar dan mengobarkan semangat juang seseorang, karena The Power of Words: MEMANG LUAR BIASA!!!

Referensi:
Sukartono, M. (2015). The power of words (3) memang luar biasa !!!. Kedaulatan Rakyat edisi 18 November hal. 11

0 comments:

Post a Comment