27.12.15

Aplikasi GAS ( General Adaptation Syndrome)



Stressor                   : Kompetisi memainkan alat musik di kelas
Karakter individu    : External Locus of Control (: individu yang mempercayai bahwa kendali atas diri mereka pada lingkungan luar mereka ).

Ilustrasi GAS kemungkinan yang dialami individu
  1. Tahap Alarm             : individu merasa sakit perut saat memasuki ruang lomba
  2. Tahap Ressistance : individu bolak- balik ke toilet saat menjelang kompetisi, individu mulai keringat dingin ketika mendekati nomor undiannya
  3. Tahap Collapse        : individu tidak bisa memainkan alat musik dengan baik saat kompetisi sedang berlangsung di panggung dan ia juga lupa not balok.

Berdasarkan ilustrasi di atas maka tahap pengendaliannya adalah sebagai berikut :
1.    Pengendalian Alarm – Resistance : berusaha menenangkan diri dengan cara berdoa
2.    Pengendalian Resistance – Collapse :  berusaha mengurangi rasa cemas dengan melakukan obrolan ringan dengan teman
3.    Pengendalian Collapse : berusaha konsentrasi dan focus pada kompetisi dengan tetap tenang dan yakin semuanya akan baik- baik saja. Membawa obat sakit perut jika diperlukan

Tahap pengendalian berdasarkan oknsep Thorndike
Pada tahap pengendalian di atas menggunakan konsep dasar Thorndike mengenai Law of Readiness (walgito, 2005) nomor 1 bahwa individu memiliki kesiapan untuk melakukan suatu aktifitas dan individu dapat melaksanakan kesiapannya. Hal ini karena dengan berdoa maka individu akan merasa tenang, jika pikiran tenang dan hatinya tenang maka pada tahap resistance collapse diharapkan individu telah siap melakukan aktivitas. Di samping itu untuk mengurangi rasa cemas individu bisa melakukan obrolan ringan dengan temannya sehingga individu bisa melakukan aktivitasnya. Pada tahap pengendalian collapse individu berusaha tetap focus dan konsentrasi pada kompetisi dengan tetap tenang dan yakin semuanya akan baik- baik saja. Dengan melakukan hal tersebut maka individu dapat melaksanakan kesiapannya dan dapat beraktifitas tanpa merasakan gejala sakit perut lagi.

Daftar Pustaka
Walgito, B (2005). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit ANDI.













0 comments:

Post a Comment