27.12.15

RINGKASAN ARTIKEL: HARI INI, TANAM POHON DI MI AL KAUTSAR





Restu Wahyuningtyas
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Hari pohon merupakan memontum untuk mengingatkan kembali pentingnya peran dan fungsi pohon bagi kehidupan makhluk hidup di bumi. Dalam rangka memperingati hari pohon ini MI Al Kautsar Yogyakarta mengadakan kegiatan penanaman pohon sengon. Penanaman pohon sengon dilakukan untuk mengajarkan kepada siswa akan pentingnya pohon. Selain itu juga untuk menumbuhkan kesadaran siswa terhadap lingkungan dengan penanaman pohon.
Kegiatan menanam pohon di lakukan di komplek sekolah MI Al Kautsar Yogyakarta. Pihak yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain siswa siswi MI Al Kautsar Yogyakarta, pihak sekolah, Rumah Zakat Yogyakarta dan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Daerah Istimewa Yogyakarta. Banyaknya pihak yang terlibat dalam kegiatan penanaman pohon membuat pihak sekolah tidak hanya mengisi peringatan hari pohon dengan menanam pohon sengon saja, tetapi ada beberapa kegiatan lain yang dilakukan.
Kegiatan lain yang dilakukan antara lain adalah kegiatan yang menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan pada anak. Kegiatan mengumpulkan sampah, menanam sayur di dalam botol, dan penataan tanaman di area lingkungan sekolah adalah kegiatan lain yang dilakukan di MI Al Kautsar Yogyakarta.
Kaitan artikel ini dengan psikologi lingkungan adalah penanaman kesadaran lingkungan terhadap anak yang dalam psikologi lingkungan penanaman karakter internal locus of control. Penanaman karakter internal locus of control dimaksudkan agar anak selalu berusaha melindungi diri dengan berbagai macam persiapan.
Sumber:
Nurcahya, B. (2014). Hari ini, penanaman pohon di MI Al kautsar. Kedaulatan Rakyat edisi 23 November hal.2

0 comments:

Post a Comment