26.12.15

Ringkasan artikel: Design Your Life, Now



Restu Wahyuningtyas
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

“Never be a grey-man!”.. grey man yang dimaksud disini adalah identitas warna diantara putih dan hitam. Abu-abu bukan putih dan juga bukan hitam. Sehingga grey-man or grey woman artinya memilih untuk selalu “main aman”. Mereka memilih untuk mengikuti mengikuti instruksi kerja, tidak memiliki pendapat pribadi yang selalu diikuti oleh ketidaktegasan karakter dan kealpaan misi hidup. Grey man memiliki gaya bicara yang normatif tanpa rasa. Mereka bekerja semata untuk memenuhi KPI dengan mempertahankan pekerjaan, bisa terus naik gaji dan diingat  oleh orang-orang tertentu terutama oleh para bos.
Berusaha untuk tidak menjadi  grey-man harus dilakukan secara mati-matian, karena jika sudah terlanjur akan sangat sulit untuk memulihkan. Bagi seorang grey-man, pengaruh semu candu akhir bulan (gaji) akan sangat dominan untuk melakukan hal-hal baru. Dampaknya adalah bekerja akan menggantikan misi hidup. Jika ini terjadi banyak hal yang akan terlewatkan, misalnya saja proses tumbuh kembang diri, keasyikan dalam berkarya, menciptakan terobosan, inovasi, dan moments.
Grey-man adalah ketidakpastian dalam menjalani kehidupan, terlebih pasca menyelesaiakn pendidikan tinggi. Pola pikir yang terbentuk adalah segera menyelesaikan pendidikan untuk segera bekerja. Bekerja untuk hidup dan keluarga. Keluarga untuk memenuhi kebutuhan serupa, dan... hidup untuk mati. Jika sudah demikian maka desain hidup sudah terabaikan. Believe is about conviction, not knowledge.
The only who can hold you back is your own grey-man. Mendesain kehidupan mencakup perencanaan ide dan langkah-langkah yang dijalankan secara sadar untuk benar-benar memahami diri sendiri beserta misi dan potensi yang dimiliki. Lebih dari itu konsep diri terbentuk dengan terlebih dulu membongkar pemahaman keliru tentang konsep diri.
Yes you can take part in shaping your own future and the better future for everyone else. Setiap orang memiliki kualitas, kekuatan dan karakter alamiah yang bisa untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi lebih fokus, lebih sabar, lebih tekun. Mendesain kehidupan adalah soal menjalankan apa yang sudah direncanakan bukan sekedar menghafal. Selain itu menjadi sangat penting untuk menjalani hidup sebagai bagian yang tak terpisahkan dari ekosistem. Konsepnya disini adalah tidak ada karya hebat tanpa peran orang lain,tidak ada pencapaian dahysat tanpa kolaborasi istimesa. Kehidupan merupakan bagaimana cara memunculkan pilihan-pilihan yang paling sesuai dengan arah kehidupan yang ditempuh, dinikmati dan dirasakan.
The very idea of designing yr life is to create a life of mission whereas you are healthy, happy- maybe a little hectic but are playing your role in creating a better future for everyone else.

Sumber: Suhardono, R. (2015). Design your life, now. Kompas edisi 12 Desember hal.35

0 comments:

Post a Comment