27.12.15

Keterampilan Psikologis yang Perlu Dimiliki Individu


Si X adalah orang yang mempunyai kebiasaan suka menonton film di bioskop. Hal yang mendasari perilaku X tersebut adalah:
a.    X mempunyai karakter individu tipe A
b.    X mempunyai hobi menonton film di bioskop
c.    X mempunyai teman-teman dengan hobi yang sama yaitu suka menonton film di bioskop
Situasi yang terjadi pada si X sesuai dengan teori  konsep dasar yang dikemukakan Thorndike mengenai Law of readiness  yakni individu memiliki kesiapan untuk melakukan suatu aktivitas dan individu dapat melaksanakan kesiapannya (Walgito, 2005).  Hal ini terwujud dari sikap X yang mempunyai hobi menonton film di bioskop dan X dapat melakukannya.

Penulis memiliki pendapat bahwa saat individu  melakukan kebiasaannya menonton film di bioskop, maka prediksi penulis adalah Si X akan menjadi orang yang boros dalam keuangannya karena dia tidak bisa mengatur keuangannya.
Penulis memiliki pendapat bahwa terdapat keterampilan psikologis berupa pengendalian  yang dapat dilakukan dari ilustrasi adalah: Si X perlu menerapkan teori konsep dasar Thorndike mengenai law if exercise khususnya law of use (Walgito, 2005) ,yaitu  situasi saat individu semakin sering menggunakan keterampilannya maka ia akan terbiasa (Walgito, 2005).  Wujud perilaku yang dapat dilakukan berdasarkan teori ini adalah si X mampu mengatur keuangannya sehingga tidak menjadi orang yang boros.
Referensi:
Walgito, B. (2005). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: Penerbit ANDI Yogyakarta.


0 comments:

Post a Comment