27.12.15

Dampak Perselingkuhan Orang Tua terhadap Perkembangan Anak


Setiap orang memiliki keinginan untuk hidup bahagia baik dalam kehidupan pribadinya, lingkungan keluarga maupun dalam bermasyarakat. Keiginan itu juga terjadi pada Rida (bukan nama sebenarnya). Sebagai anak yang baru berumur 13tahun Rida ingin merasakan keluarganya bahagia seperti keluarga lainnya. Didalam lingkungan keluarganya Rida melihat bahwa ayahnya selingkuh dengan seseorang sehingga Rida sering melihat orangtuanya bertengkar. Rida ingin lari dari semuanya itu sehingga pada suatu hari dia pergi ke rumah tantenya dan sering menginap di sana. Di rumah tantenya yang bernama Suci (bukan nama sebenarnya), pada awalnya dia merasa nyaman dengan kondisi keluarga Suci tersebut yang selalu damai tidak ada pertengkaran apapun. Tapi pada suatu ketika yang terjadi adalah rida merasakan suatu kejanggalan , bahwa setiap kali suami Suci pergi bekerja di luar kota di rumah Suci sering datang seorang laki-laki yang bukan suami Suci. Dan Suci mempunyai hubungan khusus dengan laki-laki itu. Keadaan ini membuat Rida tertekan dengan semua pikiran – pikiran negatif dari tetangga terhadap keluarganya. Hal seperti itu menjadi sebuah pikiran yang berlarut-larut dipikirkan oleh Rida sampai suatu ketika Rida menjadi sering sakit, sering pingsan secara tiba-tiba di sekolah maupun di lingkungan tempat Rida bermain. Ternyata setelah dibawa ke rumah sakit kata dokter Rida mengalami  gangguan terhadap jantungnya dan divonis dokter bahwa Rida terkena serangan jantung di usia yang masih sangat muda.

Saya sebagai penulis dan pengamat terhadaprida memiliki pendapat bahwa jika seseorang merasa tertekan dengan situasi di lingkungannya yang terjadi dalam waktu yang lama dan terus menerus maka akan mengakibatkan Stress yang dapat berdampak pada fisik seseorang, tidak tertutup kemungkinan akan menyebabkan seseorang terkena heart attack. Seperti yang diungkapkan Scoufis (1993) bahwa dampak fisik stress berhubungan dengan mengurangnya cortisol (yang mana mengakibatkan turunnya sistem kekebalan tubuh/imun), meningkatnya substansi-substansi dalam darah (yang membawa penyempitan pembuluh arteri dan meningkatnya kolesterol), meningkatnya adrenalin dan mengakibatkan peningkatan tekanan darah, meningkatnya ekstra glukosa dalam darah, berdampak pada produksi insulin yang tidak seimbang. Efek- efek fisik dari stress akan berdampak kepada cardiovascular disorder, misalnya heart attacks.
Melalui hasil pengamatan saya, saya memiliki pendapat bahwa jika terjadi perselingkuhan dalam keluarga orang tua seharusnya melakukan refleksi diri, juga memikirkan bagaimana dampak yang akan terjadi terhadap keluarganya terutama kepada anak-anaknya,dan berani mempertanggungjawabkan atas apa yang telah mereka lakukan.
Pengendalian yang dapat dilakukan adalah sebaiknya orang tua sering melakukan komunikasi untuk mengurangi hal- hal yang bisa mengakibatkan perselingkuhan terjadi karena berdampak buruk terhadap perkembangan anak sehingga anak tidak mengalami stress.
Daftar Pustaka

Scoufis, M (1993). Stress and coping. In McWalters, M (Revised Edition), Understanding Psychology (pp 206-224). NSW: Mcgraw-Hill.

0 comments:

Post a Comment