29.12.15

AKTUALISASI DIRI BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN GUNA MENGOPTIMALKAN KARIR

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45
YOGYAKARTA


Manik Muthmain
Anggi Laksmana


A. MATERI


AKTUALISASI DIRI
Aktualisasi diri adalah ketepatan seseorang di dalam menempatkan dirinya sesuai dengan kemampuan yang ada di dalam dirinya. Aktualisasi diri merupakan istilah yang telah digunakan dalam berbagai teori psikologi.

Ahli jiwa Abraham Maslow, dalam bukunya Hierarchy of Needs menggunakan istilah aktualisasi diri (self actualization) sebagai kebutuhan dan pencapaian tertinggi seorang manusia. Maslow menemukan bahwa tanpa memandang suku asal-usul seseorang, setiap manusia mengalami tahap-tahap peningkatan kebutuhan atau pencapaian dalam kehidupannya masing-masing. Kebutuhan tersebut meliputi:

  1. Kebutuhan fisiologis (physiological), meliputi kebutuhan pangan, pakaian, dan tempat tinggal maupun kebutuhan biologis.
  2. Kebutuhan keamanan dan keselamatan (safety), meliputi kebutuhan keamanan kerja, kemerdekaan dari rasa takut ataupun tekanan, keamanan dari kejadian atau lingkungan yang mengancam.
  3. Kebutuhan rasa memiliki sosial dan kasih sayang (social), meliputi kebutuhan terhadap persahabatan, berkeluarga, berkelompok, dan interaksi.
  4. Kebutuhan terhadap penghargaan (esteem), meliputi kebutuhan harga diri, status, martabat, kehormatan, dan penghargaan dari pihak lain.
  5. Kebutuhan aktualisasi diri (self actualization), meliputi kebutuhan memenuhi keberadaan diri (self fulfillment) dengan memaksimumkan penggunaaan kemampuan dan potensi diri.


Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi aktualisasi diri. Orang yang mampu mengaktualisasikan dirinya sangat memahami bahwa ada eksistensi atau hambatan lain tinggal (indwelling) didalam (internal) atau di luar (eksternal) keberadaannya sendiri yang mengendalikan perilaku dan tindakannya untuk melakukan sesuatu.


4 TIPE KEPRIBADIAN MANUSIA

  1. Koleris
    Mereka-mereka ini adalah manusia dengan bakat pembawaan sebagai seorang pemimpin (walaupun tidak semuanya jadi pemimpin). Mereka menyukai tantangan dan senang memerintah, penuh pertimbangan, cenderung berpikir negatif, pendendam yang kronik, hidup berdasarkan definisinya tentang hal-hal disekitarnya, dan selalu menilai sesuatu menurut logika. Memang secara umum kepribadian yang satu ini kedengaraanya buruk, tapi mereka sebenarnya adalah pengabdi yang setia kepada persahabatan, peduli dengan keadaan orang lain, punya bakat dalam menyelesaikan masalah dengan kreatif, bergerak dengan rencana dan teriorientasi pada jadwal, dan bisa diandalkan untuk mengemban tanggung jawab.
  2. Sanguin
    Manusia tipe Sanguin adalah mereka-mereka yang humoris, supel, easy going, ekspresif, punya rasa ingin tahu yang besar, dan selalu mengikuti perkembangan jaman. Dalam pergaulan, mereka tidak kesulitan dalam mencari pertemanan karena pembawaannya yang memang disukai banyak orang, walaupun cenderung menguasai pembicaraan dan sering membesar-besarkan. Tapi kepribadian Sanguin terlalu cepat merasa bosan, termasuk dalam hal pekerjaan. Cepat kehilangan antusiasme, tempramen, egois, dan gampang lupa adalah kekurangan orang-orang bertipe Sanguin. Konon katanya, seseorang dengan kombinasi antara kepribadian Koleris dan Sanguin sangat berpotensi menjadi penguasa/orang yang berhasil.
  3. Melankolis
    Manusia tipe ini lebih sering menyendiri dan punya perasaan yang sangat peka. Berbakat menjadi musisi (khususnya musik melankolis) karena kepekaannya yang terkadang berlebihan terhadap apapun yang menyangkut perasaan. Tipe manusia ini kurang cepat tanggap kepada hal-hal yang berbau humor sehingga memiliki kesulitan dalam pergaulan yang informal. Selalu ragu-ragu dalam mengambil keputusan dan membutuhkan persetujuan orang lain sebelum bertindak.
  1. Plegmatis
    Kepribadian yang satu ini memang bukan penyediri seperti kepribadian Melankolis. Mereka adalah orang-orang yang senang dan mudah bergaul, namun dalam pergaulannya lebih sering diam dan berada di posisi pendengar. Kepribadian Plegmatis berwatak sabar, cenderung menyembunyikan emosi, dan bijaksana dalam pergaulannya sehingga seringkali menjadi penengah yang baik. Pada dasarnya, mereka adalah kepribadian dengan pembawaan yang bersifat dewasa. Namun mereka cenderung kurang memiliki antusias terhadap perubahan dan kegiatan baru sehingga mereka jugalah manusia-manusia paling membosankan di muka bumi. Mereka tidak cakap ketika diharuskan untuk memimpin sehingga lebih sering menghindari tanggung jawab. Konon katanya, kesabaran dan kebijaksanaan kepribadian ini memang digilai oleh lawan-lawan jenisnya namun mereka tidak dibekali bakat memimpin, atau kasarnya, terlahir untuk jadi bawahan.


KORELASI AKTUALISI DIRI DENGAN TIPE – TIPE KEPRIBADIAN

Baik, teman – teman diatas sudah saya jelaskan mengenai aktualisasi diri dan 4 tipe kepribadian manusia. Sangat penting mengetahui tipe kepribadian , kekurangan dan kelebihan serta potensi diri sendiri guna menunjang karir dan kehidupan ditengah – tengah masyarakat. Tahap selanjutnya adalah mengaktualisasi diri.

Indonesia patut bangga karena salah satu anak bangsanya berhasil meraih kesuksesan dalam usia muda. Ia bernama Merry Riana, seorang entrepeneur dan motivator wanita tersukses se-Asia Tenggara. Wanita yang akrab dipanggil Ria ini berhasil mewujudkan cita-cita untuk memperoleh kebebasan finansial sebelum berusia 30 tahun. Ia bekerja sebagai sales asuransi atau biasa disebut konsultan keuangan di Singapura. Yang dijual tak hanya asuransi, tetapi juga produk-produk keuangan lainnya seperti kartu kredit. Melalui pekerjaan ini, ia berhasil meraih 1 juta dolar pada usia 26 tahun. Berikut kiat sukses Merry Riana mengaktualisasi diri :

1. Berhemat dan menabung

Hemat pangkal kaya. Peribahasa itu sangat cocok untuk Merry Riana. Karena tak mempunyai cukup uang, ia rela berhemat. Tak perlu makan yang mewah-mewah. Tak perlu belanja yang aneh-aneh. Tak perlu juga berhutang demi memenuhi kebutuhan yang sebetulnya tak terlalu penting. Dari Ria, kita belajar untuk mengekang nafsu konsumerisme dan hedonisme.

2. Berani mencoba

Ria berkali-kali pindah pekerjaan sebelum menjadi sales asuransi. Ia peka melihat peluang dan pandai memanfaatkan kesempatan. Tak perlu takut mencoba sesuatu yang belum pernah dilakukan. Anda bisa belajar sambil jalan. Siapa tahu bidang yang cocok untuk Anda justru bidang yang belum pernah Anda tekuni.


3. Pantang menyerah

Berkali-kali Ria gagal dalam pekerjaannya. Namun ia tak kunjung menyerah. Sebab ia tahu betul: semakin banyak gagal, semakin dekat dirinya pada kesuksesan. Coba bayangkan seandainya ia menyerah di awal pekerjaan sebagai sales asuransi. Tentu ia tak akan sesukses sekarang. Maka janganlah cepat menyerah. Bisa jadi kesuksesan jaraknya tinggal satu inci lagi.


4. Berani melawan arus

Di saat teman-temannya menjadi karyawan perusahaan, Ria memutuskan menjadi sales asuransi. Padahal jika mengikuti arus, ia bisa hidup nyaman dengan penghasilan lumayan. Namun rupanya Ria melihat peluang yang lebih besar dari itu. Butuh keberanian besar untuk mengikuti kata hatinya.


5. Menemukan pasangan yang memiliki kesamaan tujuan

Begitu banyak risiko dalam berbisnis. Jika hanya berusaha sendiri, mungkin tak kuat. Alangkah beruntungnya Ria memiliki pasangan yang sama-sama tertarik pada dunia bisnis. Berkat Alva, ia bisa berjuang sedemikian jauh. Tak ada salahnya kalau Anda mencari pasangan yang memiliki kesamaan tujuan dengan Anda. Hubungan seperti itu sangat bermanfaat. Anda berdua bisa bersama-sama belajar, berbisnis, dan meraih prestasi. Perencanaan masa depan juga lebih jelas dan tertata.


6. Membuat target yang tinggi

Jangan takut membuat target tinggi. Tak perlu dengarkan orang-orang yang mencibir target Anda. Fokus saja pada target tersebut dan berusahalah mewujudkannya sebaik mungkin. Lagipula jika memasang target tinggi dan ternyata gagal, kegagalan itu masih berada di standar yang tinggi. Yang penting adalah jangan merasa tertekan dengan target Anda. Santai saja.

7. Berani meninggalkan kesenangan demi perjuangan

Orang yang sukses muda biasanya rela meninggalkan kesenangan masa mudanya. Ketika teman-temannya bermain, ia belajar atau bekerja. Hal ini membutuhkan tekad yang kuat. Kalau tidak bisa-bisa gugur di tengah jalan. Percayalah bahwa semakin cepat Anda mengejar kesuksesan, semakin cepat pula Anda sukses. Merry Riana adalah buktinya.


B. LAPORAN PELAKSANAAN

  • Hari/ tanggal  : Selasa, 13 Oktober 2015
  • Pukul             : 18.20 sampai selesai
  • Tempat          : Ruang Warek
  • Jumlah hadir  : 18 orang



C. DAFTAR PUSTAKA

  • Refrensi Teori

  • Alamat Film
Trailer Mimpi Sejuta Dollar Merry Riana : https://www.youtube.com/watch?v=tAnz1KxrWyU


D. LAMPIRAN

I.  Daftar Hadir
II. Foto – Foto Acara










III. Alamat Video Pelaksanaan

http://www.instagram.com/p/_3O-EHH74X/ : “Mimbar Akademik : Aktualisasi Diri Berdasarkan Tipe Kepribadian guna Mengoptimalkan Kinerja”

3 comments: