29.12.15

Motivasi Tinggi



MOTIVASI TINGGI
Umi Fatimah
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Yessy Venisia Yosaputra, umur 20 tahun atlet indonesia yang pernah memenangkan medali emas. Tetapi pada nomor 200 meter gaya punggung, Yessy kalah oleh perenang vietnam. Tak hanya kalah, catatan terbaik pun ikut terampok.  Catatan waktu terbaiknya, yakni 2 menit 15,73 detik yang dibuat di SEA Games empat tahun silam, kandas oleh rektor baru Thi Anh. Perenang Vietnam itu melaju lebih cepat dalam waktu 2 menit 14,80 detik.

Dari kelakalannya Yessy tidak putus asa, dia tetap optimis, Disingapura, juni nanti, Yessy tak hanya ingin kembali merebut kendali emas tapi juga meraih catatan waktu terbaik. Tim renang dilandai berbagai masalah. Uang saku terlambat, rencana mengadakan kamp pelatihan di Australia tidak dijalankan secara maksimal, dan waktu pemusatan latihan mepet. Tetapi adanya masalah tersebut tidak menjadi masalah bagi Yessy untuk mempersiapkan pertandingan karena itu sudah resiko seorang altet, (Ujar Yessy).
Dengan adanya kendala yang dihadapi para altet harus terus dimotivasi agar mereka dengan keadaan ini jangan sampai memengaruhi mereka dan memberikan masukan positif buat para atlet.
Motivasi suatu dorongan kehendak yang menyebabkan seseorang melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu.  Motivasi sebagai dorongan internal dan eksternal dalam diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya; hasrat dan minat; dorongan dan kebutuhan; harapan dan cita-cita; penghargaan dan penghormatan. Motivasi adalah sesuatu apa yang membuat seseorang bertindak. Motivasi sangat penting untuk mendorong para atlet.

Makitan, Gadi. (2015). Motivasi Tinggi. Bernas Jogja.

0 comments:

Post a Comment