24.11.15

Ringkasan Artikel : Mengasuh Anak dengan Ramah

      
Manik Muthmain 
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Ibarat sebuah profesi yang memerlukan sekolah, menjadi orangtua juga memerlukan latar belakang keilmuan. Masalah – masalah seputar parenting dan mendidik anak sangatlah beragam. Untuk menghadapinya , tidak hanya diperlukan ilmu yang mumpuni dalam hal psikologi perkembangan, namun juga teknik parenting yang tepat dan solutif. Orangtua harus jernih dalam mengasuh dan mendidik anak.



Keterampilan psikologis orangtua untuk mengelola emosi merupakan bekal dasar untuk melakukan parenting yang ideal. Anak yang hebat selalu dibesarkan oleh orangtua hebat yang memiliki prasangka baik terhadap segala hal. Tehadap anak – anak yang memiliki temperamen tinggi, hendaknya orangtua bersikap arif. Kebiasaan marah pada anak anak terjadi karena mereka belum mampu mengungkapkan amarah dengan kata – kata.

Izinkan anak untuk mengungkapkan perasaan, baik melalui kata – kata, gerak tubuh atau media lainya. Teknik parenting yang aplikatif menjadi kunci penting untuk menjadi orangtua yang terampil dalam mendidik anak. Menginvestasikan pengasuhan terbaik untuk anak – anak bangsa. Generasi yang good and smart pun akan kian banyak dilahirkan dari rumah tangga yang mengasuh anak dengan ramah.


Sumber : Tribun Jogja, 11 November 2015

0 comments:

Post a Comment