24.11.15

Ringkasan Artikel : Menemukan Jati Diri Untuk Meraih Kesuksesan dan Kebahagiaan

Manik Muthmain
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


 Buku Do It With Passion mencoba menyingkap kisah sukses orang – orang yang telah menemukan jati diri mereka sehingga mampu memanfaatkan kapasitasnya secara optimal. Satu hal terpenting untuk menemukan jati diri adalah dengan menemukan elemen. Istilah elemen ini menjelaskan tempat bersatunya hal – hal yang seseorang cintai dan kuasai dengan baik.



Menemukan bidang yang disukai merupakan hal yang amat penting. Semakin dini seseorang menemukan bidang yang membuatnya bergairah, semakin besar pula peluangnya berhasil menguasai bidang tersebut secara baik. Perjalanan hidup seseorang sampai menemukan jati dirinya sering memerlukan pertolongan dari orang lain yang memiliki gairah serupa. Kondisi semacam ini membuat orang tersebut merasa nyaman untuk berkreasi dan mengerahkan kemampuan kreativitasnya secara maksimal.

Orang akan lebih mudah menemukan elemen jika memiliki mentor. Fungsi mentor adalah mengenali percikan minat seseorang dan mengingatkan kemampuan orang tersebut, serta kesuksesan yang dapat diraihnya jika mau terus berusaha keras. Dengan kata lain mentor adalah orang yang mampu mengasah bakat seseorang sampai menghasilakan prestasi yang cermelang.


Sumber : Tribun Jogja, 11 November 2015

0 comments:

Post a Comment