24.11.15

Ringkasan Artikel : Jangan Khawatir... Stres Berkerja di Kantor Ada Banyak Obatnya

Manik Muthmain
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Membagi waktu dan energi memang tidak mudah bagi Anda para ibu yang aktif berkerja. Rutinitas pekerjaan kerap kali membuat Anda tak bisa mengelak dari tekanan dan stres. Namun, stres yang berlebihan akan membuat Anda kesulitan fokus pada saat berkerja. Karena itu, perempuan yang berkerja juga butuh kegiatan dan waktu khusus untuk melepas penat.

Apa saja kegiatan yang dapat melepas stres di tempat kerja? Berikut bebera tips yang bisa Anda coba :

  • Yoga
  • Manfaat yoga sudah banyak diketahui. Selain bersifat fisik, misalnya mengurangi nyeri kronik atau membuat tidur lebih nyenyak, rutin berlatih yoga juga bisa memperbaiki mood dan mengguragi stres.
  • Message/ Pijat
    Lakukan pemijatan tubuh (body message), karena kegiatan ini baik untuk relaksasi dan membuat normal kembali tekanan darah.
  • Interaksi dengan rekan
    Greatchen Rubin, penulis buku The Happiness Project, mengatakan bahwa melakukan sesuatu yang baik akan mengurangi frustasi dilingkungan kerja.

  • Mendengarkan musik
    Mendengarkan musik dapat membantu memperbaiki sistem imun dan keadaan mental yang menggurangi stres. Secara umum, dampak mendengarkan music adalah berkurangnya ketegangan otot, detak jantung melambat, dan energipun meningkat sesuai dengan irama.
  • Manfaatkan media hiburan
    Di era serba teknologi canggih seperti sekarang, Anda juga bisa memanfaatkan hiburan mengunakan gadget. Anda bisa bermain game ataupun bisa berselancar di media sosial untuk sekedar mengecek info terkini.

Sumber : Kompas, 31 Oktober 2015



0 comments:

Post a Comment