24.11.15

Ringkasan Artikel : Mengapa Pasien Skizofrenia Jadi Perokok?

Manik Muthmain
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta



CIREBON, Orang dengan skizofrenia biasanya akan mengalami perubahan gaya hidup. Misalnya, tiba-tiba jadi suka merokok sepanjang hari, padahal sebelumnya tidak merokok sama sekali. Atau akan merokok lebih sering dari sebelumnya. Perilaku ini kerap ditemui pada orang dengan skizofrenia.

Ketua Majelis Pengembangan Pelayanan Keprofesian Psikiatri Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), Nurmiati Amir mengatakan, hal itu bisa jadi salah satu efek samping obat untuk pasien skizofrenia.
Ia menjelaskan, pelayanan untuk pasien skizofrenia tak boleh hanya sebatas pemberian obat untuk menghilangkan gejala. Perlu pengobatan yang komprehensif dan dipikirkan bagaimana pasien dapat kembali produktif ketika sudah pulang ke rumah dan lingkungan masyarakat.
Tidak hanya obat, tapi rehabilitasi psikososial, bagaimana mengedukasi pasien dan keluarga, terapi okupasi untuk memberikan dia pekerjaan kembali, sehingga bisa berfungsi dengan baik. Mereka bisa kembali bekerja jika diobati dengan baik. Pengobatan yang baik bukan buang uang, tapi investasi supaya bisa kembali bekerja kembali,” jelas Nurmiati.
Untuk itu, Nurmiati pun berharap tak ada lagi stigma terhadap orang dengan gangguan jiwa ini. Dukungan keluarga dan masyarakat sekitar sangat membantu orang dengan skizofrenia pulih dan dapat kembali produktif. (Dian Maharani)


Sumber : Kompas - Jum'at,  6 November 2015 

0 comments:

Post a Comment