26.11.15

Ringkasan Artikel : Benarkah Pribadi Ekstrover Tak Bisa Kendalikan Kebiasaan Belanja?


Manik Muthmain
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Apakah Anda termasuk sebagai seorang yang memiliki kepribadian ekstrover? Apakah Anda kesulitan dalam hal menabung? Menurut penelitian, kedua hal tersebut memiliki korelasi yang amat kuat. Proses penelitian yang dilakukan Jacob Hirs, seorang asisten profesor di Rotman School and U of T Mississauga's Institute for Management and Innovation, ternyata membuktikan bahwa orang yang memiliki kepribadian ekstrover memang cenderung lebih sulit menabung, mengontrol belanja, serta memiliki hutang lebih banyak.

Hirsh coba meneliti hubungan antara data jumlah ekstrover di Amerika Serikat dengan tingkat menabung secara personal. Lewat penelitianny Hirsh menemukan bahwa orang dengan tingkat ekstrover tinggi umumnya menghabiskan uang untuk konsumsi belanja cepat, dibanding menabung.

Semakin banyak orang yang berkepribadian ekstrover dalam satu populasi, maka jumlah tabungan yang dimiliki akan semakin rendah. Hal tersebut berlaku pada populasi segala usia dan berapapun besarnya kekayaan. Namun demikian, Hirsh menyebutkan bahwa penelitiannya tersebut tak lepas dari faktor kelemahan dari penyebab hubungan antara kepribadian dengan jumlah uang yang dikeluarkan.


Sumber : Tribun Jogja | Minggu, 22 November 2015 | hal. 16


0 comments:

Post a Comment