26.11.15

Ringkasan Artikel : Industri Kecil Menegah DIY Bakal Unggul Hadapi MEA


Manik Muthmain
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Yogya, Tribun – Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean, berbagai produk Industri Kecil Menengah (IKM) di DIY memiliki keunggulan untuk menghadapinya. Namun demikian pelaku IKM tersebut diminta berhati – hati terutama dalam kerahasiaan pembuatan produknya. Untuk terus meningkatkan kekuatan bersaing, pemerintah juga akan mendukung dari sisi teknologi.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Desperindagkop) dan UKM DIY, R Bagaskara Kadarmanta Aji mengatakan, produk IKM merupakan produk yang memiliki ciri khas. Karenanya, memang hadapi MEA, pihaknya optimistis produk IKM bisa bersaing. Dari sisi perlindungan berupa Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), selama ini HAKI sebagai sesuatu yang mahal. Untuk itu pihaknya memiliki balai untuk mengurus HAKI IKM secara bersama sama.

Saat ini ada sekitar 137 ribu industri di DIY sedangkan setiap tahunya ada 3 ribu industri baru yang tumbuh. Ini yang membanggakan karena para pelaku IKM ini umunya tidak terdampak ekonomi makro. Beda dengan pabrik yang bisa langsung merasakan dampak gejolak ekonomi. (toa)


Sumber : Tribun Jogja | 18 November 2015


0 comments:

Post a Comment