26.11.15

Ringkasan Artikel : Referensi Para Sarjana dalam Menghadapi Dunia Kerja


Manik Muthmain
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 
Yogyakarta


Berikut adalah trik untuk Anda agar dapat dijadikan referensi para sarjana muda atau mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja :

  • Pertama, Interpesonal Skill. Mahasiswa perlu memiliki interpesonal skill yang baik , cara untuk mempunyai interpesonal skill yang baik adalah dengan bergaul dengan lebih banyak orang dari berbagai lapisan masyarakat. Jika mahasiswa hanya bergaul dengan teman – teman mahasiswa saja, maka tentu cara berpikir dan apa yang mereka tau hanya seputar kampus saja.
  • Kedua, Communication Skill, Ingatlah bahwa dalam dunia ini, baik pekerjaan, perceraian rumah tangga, masalah antara atasan dan bawahan, perselisihan antara supplier dan buyer biasanya karena masalah communication break down. Selain kemampuan penguasaan bahasa asing, komunikasi bukan hanya masalah cara berbicara saja, tetapi lebih dari itu. Komunikasi melibatkan banyak hal, baik verbal maupun non verbal.
  • Ketiga, Leadership Skil. Mahasiswa perlu memiliki leadership skil yang baik, jika tidsk demikian, maka para alumni hanya siap menjadi pekerja saja namun tidak secara otomatis bisa memimpin orang lain. Ingatlah bahwa leadership itu bukan masalah perintah-memerintah orang, tetapi banyak faktor yang ada dalam leadership skill, misalnya ketegasan, keteladanan, kematangan emosi, berempati dan sebagainya, dan hal itu harus dikembangangkan secara perlahan-lahan. (Andrew Nugraha)


Sumber : Tribun Jogja | Minggu, 22 November 2015 | hal. 15




0 comments:

Post a Comment