1.11.15

RINGKASAN ARTIKEL : LANGKAH HEBAT ANAK KOTA KHATULISTIWA


Murjiwantoro
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta



Forancikha adalah Forum Anak Cinta Khatulistiwa, Forancikha dibentuk oleh, dari, dan atau untuk anak sebagai wadah berkumpul, saling belajar meningkatkan kapasitas diri, tumbuh bersama, menyatukan ide, dan beraspirasi serta berkreasi dan berinovasi dalam kapasitas sebagai anak. Forancikha adalah tempat anak-anak menyuarakan aspirasi dan ide kepada pemerintah Pontianak. Forancikha dibentuk pada 13 Mei 2007, diawali dengan berkumpulnya duta anak dari kelompok swadaya masyarakat dampingan Wahana Visi Indonesia (WVI). Forancikha memiliki anggota lebih dari 100 pelajar SD, SMP, SMA/SMK. 2.000 anak di empat kecamatan di kota Pontianak terlibat dalam berbagai kegiatan.
Apa dasar Forancikha dibentuk? Forancikha dibentuk untuk memperjuangkan terpenuhinya hak anak di Pontianak. Agar kota yang berada persis digaris khatulistiwa ini benar-benar layak dan ramah untuk anak. Anak-anak dapat tumbuh dan beraktivitas dengan rasa aman dan nyaman dilingkungan yang sehat.
Kegiatan apa saja yang dilakukan Forancikha? Berbagai kegiatan dilakukan, antara lain sosialisasi tentang hak anak kepada teman sebaya mereka, memperingati hari anak nasional, mengadakan lomba-lomba. Anak-anak di Forancikha adalah agen perubahan. Kiprah mereka diharapkan bisa mengubah pandangan orang dewasa terhadap anak. Anak punya hak untuk berpendapat dan berpartisipasi. Sebanyak mungkin pengetahuan tentang hak anak itu terus ditularkan agar semakin banyak orang dewasa dan orang tua sadar untuk memberikan ruang yang lebih baik bagi tumbuh kembang anak.
Apa sumbangan artikel tersebut untuk psikologi industri & organisasi? Artikel tersebut memberikan penjelasan bagi pembaca khususnya untuk dewasa dan orang tua, agar anak-anak diberikan hak untuk berpendapat dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang bernilai positif untuk anak itu sendiri dan lingkungan. Orang tua dan lingkup sekolah harus mendukung kegiatan anak dalam kegiatan berorganisasi seperti Forum Anak Cinta Khatulistiwa ( Forancikha).



Sumber tulisan : Edhi, E,(2015). Langkah Hebat Anak Khatulistiwa, Kompas, 30 Mei 2015. Hal 1-15

0 comments:

Post a Comment