1.11.15

RINGKASAN ARTIKEL : MASYARAKAT INDONESIA DALAM MENGHADAPI MEA


Murjiwantoro
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


MEA adalah bentuk integrasi ekonomi ASEAN dalam artian adanya system perdagaangan bebas antara Negara-negara asean. Indonesia dan sembilan negara anggota ASEAN lainnya telah menyepakati perjanjian Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Indonesia adalah salah satu pilar ketika ASEAN didirikan pada tahun 1967 dalam suasana perang dingin melawan komunisme, sekaligus menjadi tuan rumah secretariat ASEAN. Indonesia juga mendukung perkembangan Masyarakat Ekonomi ASEAN tahun 2015 ini. Pada akhir 2015 ini akan diresmikan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MAE).
Apa Tujuan dibentuk MAE? Tujuannya adalah dibentuknya sebuah ekonomi bersama yang mencakup seluruh kawasan ASEAN tanpa batas tembok antar negara. Ekonomi tanpa batas ini akan memungkinkan arus bebas dan pemindahan dengan mudah lima faktor yang pokok yaitu : barang, jasa, penanaman modal, capital, dan tenaga kerja terampil. Hambatan apa yang akan terjadi di kalangan masyarakat? Hambatan yang jelas akan terjadi adalah bahasa. Secara de facto bahasa inggris telah menjadi bahasa pemersatu kawasan ASEAN.
Kesimpulannya adalah dengan hadirnya ajang MEA ini, Indonesia memiliki peluang untuk memanfaatkan keunggulan skala ekonomi dalam negeri sebagai basis memperoleh keuntungan. Namun demikian, Indonesia masih memiliki banyak tantangan dan risiko-risiko yang akan muncul bila MEA telah diimplementasikan. Oleh karena itu, para risk professional diharapkan dapat lebih peka terhadap fluktuasi yang akan terjadi agar dapat mengantisipasi risiko-risiko yang muncul dengan tepat. Selain itu, kolaborasi yang tepat antara otoritas negara dan para pelaku usaha diperlukan, infrastrukur baik secara fisik dan social (hukum dan kebijakan) perlu dibenahi, serta perlu adanya peningkatan kemampuan serta daya saing tenaga kerja dan perusahaan di Indonesia. Jangan sampai Indonesia hanya menjadi penonton di negara sendiri di tahun 2015 mendatang.
Apa sumbangan artikel tersebut untuk Psikologi Industri dan Organisasi? Artikel tersebut menjelaskan kepada pembaca agar mempersiapkan segala kemampuan dan daya saing tenaga kerja  untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN di tahun 2015 ini.



Sumber tulisan : Hill, T.H,(2015). Masyarakat Indonesia Dalam Menghadapi MEA. Kompas, 11 Juni 2015. Hal-15

0 comments:

Post a Comment