20.10.15

Ringkasan Artikel : XT Square Yogyakarta Yang Semakin Tenggelam



RINGAKSAN ARTIKEL: BP2KY SULIT MEMPROMOSIKAN XT SQUARE KE WISATAWAN
Chusnul Rizatul Untsa
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY) sulit mempromosikan XT Square yang sempat digadang-gadang sebagai destinasi wisata baru di Yogyakarta. Tapi hingga kini pamor XT Square masih kalah jauh dibandingkan dengan tempat wisata belanja lain di Yogyakarta.
Selain itu, meski sudah berhasil dengan menghadirkan D’Mata dan D’Archa yang menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat ini, namun tujuan utama untuk menjadikan XT Square sebagai pusat kerajinan Yogyakarta belum tercapai. Meski begitu, bukan berarti XT Square tidak memiliki potensi menjadi destinasi baru.
Kepala BP2KY, Herman Tony, mengemukakan kendala yang selama ini dihadapi BP2KY dalam mempromosikan XT Square. Pertama kegiatan dan fasilitas disana terbatas. Kedua kurangnya kesiapan pihak internal. Ketiga tidak adanya agenda tetap yang menjadikan XT Square di kunjungi wisatawan.
Herman tony menambahkan bahwa pihaknya tidak masalah jika memasukkan XT Square kedalam agenda promosi BP2KY. Namun, pihaknya juga meminta pengelola menyiapkan diri. Ia menyarankan agar pengelola untuk menyusun agenda kesenian yang lebih banyak dan variatif. Sehingga dapat menarik minat pengunjung untuk datang. Apalagi Yogyakarta masih minim wisata malam maka XT Square bisa mengambil peluang tersebut dengan menghadirkan agenda-agenda kegiatan tetap. Atau ditambah dengan display karya seni. Jangan sampai kosong tidak ada kegiatan tandas Kepala BP2KY itu.
Apa sumbangan artikel tersebut dengan psikologi industri ? Artikel tersebut memberikan contoh bagaimana daya tarik konsumen sangatlah menentukan kesuksesan industri berhasil. Mempromosikan produk maupun  jasa sebuah indstri memang faktor penting dalam mengenalkan produk sebuah perusahaan. Diiringi dengan konsistensi mutu juga kesiapan internal perusahaan sesuai dengan yang sudah dipromosikan. Adanya Badan Promosi atau agen promosi sangat memudahkan industri mempromosikan produknya.

Sumber tulisan:
(tiq). (2015). BP2KY sulit promosikan XT Square ke wisatawan. Tribun Jogja, 13 April

0 comments:

Post a Comment