30.10.15

Warga Kepek Bersihkan Telaga Winong

Warga Kepek Bersihkan Telaga Winong
Aldy febrianto
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

            Bagi masyarakat desa kepek, kecamatan soptosari, keberadaan sumber air merupakan bagian penting dalam kehidupan. Topografi wilayah yang berupa pegunungan karst membuat warga di wilayah yang berada di bagian selatan gunung kidul tersebut berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kelestarian sumber mata air yang ada.
            Satu di antaranya dengan kegiatan “Save telaga” yang digagas pemerintah desa kepek dan institut teknologi yogyakarta. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat untuk menjaga kelestarian sumber mata air yang ada di telaga winong, dusun gondang.
            Warga sekitar telaga bersama aparat pemerintah desa, pemerhati lingkungan, siswa bersama-sama membersihkan sampah yang mengotori telaga winong. Sampah-sampah plastik dan daun kering yang ada di permukaan air telaga dibersihkan dengan cara diambil menggunakan jaring dan tangan kosong.
            Kepala desa kepek, sudiono mengungkapkan, untuk menjaga kelestarian telaga, pihaknya secara rutin melaksanakan kegiatan bersih telaga. Kegiatan bersih-bersih ini dilakukan setiap 35 hari sekali, tepatnya pada hari jumat legi.
            Sementara itu staf ahli bupati bidang keuangan, Siwi irianti yang hadir dalam acara “Save telaga” meminta kepada seluruh masyarakat untuk berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan. Dengan menjaga kelestarian lingkungan, sumber mata air yang ada tetap lestari sehingga nantinya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.
            “kami meminta kepada semuanya untuk menjaga kebersihan telaga, jangan membuang sampah sembarangan,” pintanya.

Daftar Pustaka : Tribun Jogja

0 comments:

Post a Comment