20.10.15

Tugas “ganda”, Penghasilan “Single”




Restu Wahyuningtyas
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Menurut Rynes, Heneman dan Schwab (1980, dalam Borman, 2003) sebagai perekrut praktek administrasi diyakini mampu mempengaruhi pelamar pekerjaan dalam dua hal yaitu memberikan isyarat tertentu tentang karakter perusahaan secara lebih luas atau mereka dapat mempengaruhi  harapan pelamar dari penerimaan pekerjaan yang ditawarkan.  Bagaimana jika saat mendapat panggilan kerja sesuai yang diinginkan, tapi setelah menerima pekerjaan tersebut ternyata jenis pekerjaan yang harus dilakukan tidak sesuai dengan job description?
Saat melamar sebuah pekerjaan, kita berusaha menyesuaikan diri dengan kemampuan yang dimiliki berdasarkan latar belakang pendidikan kita. Sehingga tuntutan pekerjaan dari perusahaan dapat kita penuhi dengan baik dan memberikan hasil yang memuaskan. Ketika pekerjaan yang dilakukan tidak sesuai dengan yang job description, kita bisa meninjau ulang bagaimana kontrak kerja yang telah kita sepakati dengan perusahaan atau sebelum menandatangani kontrak kerja akan lebih baik jika kita mampu memahami isi dari kontrak tersebut.
Sikap loyali dalam bekerja memang sangat dibutuhkan karena dengan sikap loyal kemungkinan karyawan dipertahankan oleh perusahaan lebih besar.  Namun ketika kita melakukan pekerjaan diluar job description, dan pekerjaan itu menjadi tanggung jawab kita sepenuhnya kita juga harus menyadari apakah apa yang kita terima dari perusahaan sudah sesuai dengan tanggung jawab. 
Menurut Suhardono (2014) seorang yang menginginkan penghasilan dan kenyamanan yang lebih, dia hendaknya menerapkan lima persamaan umum yang telah dilakukan orang yang dapat menikmati penghasilan yang besar. Salah satunya adalah prinsip yang pertama yaitu pantaskan anda menerima pendapatan yang diterima sekarang.  Dalam keadaan seperti ini ada baiknya kita perlu membicarakan dengan pihak pemberi kerja / perusahaan. Agar dalam bekerja kita bisa mendapatkan hasil sesuai dengan yang telah kita usahakan.

Daftar Pustaka

Borman, W.C.  2003. Handbook of psychology. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc
Suhardono, R. (2014). Earn more, enjoy more, how?. Kompas Klasika, 15 Maret, hal 35


0 comments:

Post a Comment