20.10.15

Peran Guru
Umi Fatimah
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Guru merupakan profesi/jabatan atau pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru. Pekerjaan ini tidak bisa dilakukan oleh orang yang tidak memilki keahlian untuk melakukan kegitan atau pekerjaan sebagai guru. Sebab guru merupakan Salah satu aspek untuk menyalurkan atau menyampaikan dalam hal ilmu. Keberhasilan seorang pelajar tergantung pada pertanggung jawaban guru dalam melaksanakan tugasnya. Tugas seorang  guru meliputi mendidik, mengajar, dan melatih, misalnya yang tadinya tidak mengert menjadi mengerti, dari tidak bisa menjadi bisa dll.
Sebagai ilustrasi:
Pertama anak masuk sekolah dipendidikan usia dini, ia tidak mengerti/ tidak tahu cara menulis, tidak bisa membaca dsb. Setelah dididik dan dibimbing seorang guru, ia menjadi paham dan bisa membaca dengan jelas. Itu semua berkat guru yang sabar untuk mendidik dan mengajari anak-anak bangasa agar menjadi anak-anak yang cerdas.

Sebut saja namanya faith, ia masuk dipaut sejak usia 1 setengah tahun, walaupun umurnya yang belum memasuki usia pendidikan tetapi ia sering dilatih untuk mengenal huruf dengan nyanyian,  ternyata secara tidak sadar ia merekam nyanyian tersebut    . Setelah berusia 3 tahunan ia mulai meyanyikan yang selama ini ia dengarkan walaupun dengan kalimat yang belum jelas bahkan ia pun sudah mulai mengenal huruf dan angka. Beda lagi yang anto, ia dari kecil belum pernah dimasukkan sekolah atau pengajaran dari orang tuanya, anto masuk sekolah setelah umur 5 tahun, ia sama sekali belum mengenal huruf. Dari umur anto yang sudah berumur 5 tahun dengan faith yang masih berumur 3 tahun, masih pintaran faith yang sejak kecil sudah diperkenalkan huruf-huruf dan angka oleh gurunya. Walaupun kemmpuan atau bakat anak daru satu dengan yang lainnya itu berbeda-beda, tetapi alangkah baiknya jika anak sudah diperkenalkan huruf ataupun pengetahuan-pengetahuan .

Sering kali anak bisa / memahami sesuatu dengan cara mendengarkan sesuatu yang sering didengarkannya. Sebagai seorang guru yang mendidik dan mengembangkan keterampilan dan penerapan bagi anak harus bisa memberikan yang terbaik  sesuai dengan kemampuan si anak, sebab ketika anak tidak sesuai denga kemampuannya, ia akan malas dan tidak mau lagi untuk belajar dan itu bisa menghambat perkembangan sang anak.

Ketika guru sudah memberikan yang terbaik untuk anak didinya harapannya anak mampu menerima dan mamahami materi atau pelajaran yang telah dsampaikan oleh para guru dan menjadi anak yang bermanfaat bagi angsa dan bernegara kelak.

Walaupun demikian sebagai orang tua juga harus ikut membantu sang guru, karena guru hanya mempunyai waktu yang sedikit untuk mengajari nak didiknya, sedangkan dirumah waktunya lebih banyak dari pada disekolah. Kalau perlu orang tua meminta guru untuk mengajari anaknya (les). Dengan begitu anak akan lebih mudah dalam memahami berbagai materi.

Daftar pustaka:

Uman, U, M. (2011). Menjadi guru professional. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

0 comments:

Post a Comment