12.10.15

MENCINTAI PEKERJAAN


Naurmi Rojab Destiya
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Proses seleksi kerja adalah serangkaian langkah kegiatan yang digunakan untuk memutuskan apakah pelamar diterima atau tidak. Salah satu contoh saya mewawancarai teman satu kos saya sebut saja SH. Ia merupakan seorang wanita umur 25 tahun, ia bekerja pada salah satu perusahaan besar farmasi di Yogyakarta. Ia bekerja pada bagian marketing perusahaan. tapi ia bukanlah lulusan sarjana ekonomi akuntansi melainkan sarjana teknik informatika dari universitas yang cukup ternama.
Ia mengatakan bahwa dari dahulu ia sangat menyukai marketing, tapi karena keinginan orang tua ia pun masuk jurusan teknik informatika. Tapi bukannya tambah menjauh dari marketing ia terus mencintai marketing. Bahkan setelah lulus ilmu semasa ia kuliah yang ia dapatkan seakan sia-sia kata SH. Sudah berulang kali mendaftar pada bidang yang ia jalani semasa kuliah tapi dalam seleksi kerja psikotes saja tidak lolos. Bahkan pernah menganggur 7bulan karena belum juga mendapat pekerjaan pada teknik informatika. Tapi setelah mendaftar di bidang marketing, setelah melalui beberapa proses seleksi kerja ia diterima bekerja. Tapi karena orang tua masih menginginkan ia bekerja di bidang teknik informatika, ia mulai merasakan berat mengerjakan pekerjaannya. iapun berpikir apa lebih baik resign dan mencari pekerjaan lain. Tapi ia pesimis, tidak diterima dalam bekerja
Menurut saya, segala sesuatu pekerjaan harus dikerjakan dengan senang dan segenap hati. Jika kita sudah melakukan pekerjaan kita dengan senang dan segenap hati, maka tidak ada rasa berat dalam menjalankan pekerjaan. Setelah kita memiliki prinsip itu pekerjaan akan serasa lebih ringan.
Jika memang anda lebih nyaman dengan apa yang anda kerjakan sekarang, berikan pengertian kepada orang tua anda, bahwa anda lebih nyaman menjadi seorang marketing dari pada menjadi teknisi. Ilmu yang didapat semasa kuliah pada dasarnya menjadi nilai tambahan untuk anda karena anda mempunyai ilmu bukan hanya dalam bidan teknik informatika tapi juga dalam marketing, mendapatkan pengalaman yang lebih dan teman yang banyak.
Selama anda bekerja dengan baik, memberika inovasi dan ide-ide kratif untuk perusahaan anda dan selalu membantu orang tua, sisi positif dalam mengerjakan apapun minimal, kita bisa memberi manfaat bagi keluarga, teman dan orang lain.

Jika anda tidak menyukai pekerjaan dan merasa seperti terbebani karena tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang anda tidak sukai, atau harus mengerjakan hal yang anda tidak sukai, anda harus menyukai yang anda dapatkan.

0 comments:

Post a Comment