30.10.15

Ringkasan Artikel : Lahan Pertanian Sisa 2 Persen

Lahan Pertanian Sisa 2 Persen
R Joko Prambudiyono
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
Tribun 18 Juni 2015

          Lahan pertanian di Kota Yogya kian hari kian menyusut. Sampai pada tahun 2015, lahan pertanian yang tersisa hanya 65 hektar atau sekitar dua persen dari luas total wilayah kota sebesar 3.250 hektar.
          Apa faktor penyebab lahan pertanian di Kota Yogya kian hari kian menyusut? Menurut Kepala Bidang Pertanian, Peternakan dan Perikanan Desperindagkoptan Kota Yogya, Benny Nurhantoro faktor yang menyebabkan lahan pertanian ini menyusut karena besarnya laju alih fungsi lahan menjadi bangunan pemukiman. Sekarang lahan pertanian hanya tersisa 65 hektar saja.
          Pada kecamatan mana saja yang terjadi penyusutan lahan pertanian? Ada 5 kecamatan yang mengalami penyusutan lahan pertanian yaitu kecematan Umbulharjo, Kecamatan Kota Gede, Kecamatan Mergangsan, Kecamatan Mantrijeron dan Kecamatan Tegalrejo

          Berdasar Perda DIY Nomor 1 Tahun 2011 tentang perlindungan lahan pertanian berkelanjutan memang tidak diatur khusus penetapan luasan lahan tertentu yang khusus untuk lahan pertanian di wilayah Kota Yogya. Jika ada penetapan hanya diberlakukan pada empat Kabupaten saja, yaitu Kabupaten Sleman 12.377,59 hektar; Kabupaten Bantul 13.000 hektar; Kulonprogo 5.029 hektar; dan Gunung Kidul 5.505 hektar     Untuk mengurangi laju alih fungsi lahan pertanian ini Disperindagkoptan Kota Yogya. Membuat sistem intensifikasi pertanian yaitu dengan mengoptimalkan lahan yang ada dengan penanaman bibit unggul, penambahan pupuk, sehingga produktivitas akan meningkat. Selain itu Disperindagkoptan Kota Yogya juga memberikan bantuan kepada petani-petani melalui program usaha agribisnis pedesaan, sehingga pendapatan petani akan meningkat. Stimulant ini diberikan untuk usaha pertanian seperti pembenihan ikan hias, budi daya tanaman hias, yang dapat menambah penghasilan petani. Harapannya agar keadaan ekonomi petani meningkat, sehingga tak perlu jual lahan pertaniannya, dengan begitu lahan pertanian tetap ada.

0 comments:

Post a Comment