30.10.15

Ringkasan Artikel : Warga Buat Arang Kayu di Hutan

Warga Buat Arang Kayu di Hutan
R Joko Prambudiyono
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
Tribun 18 Juni 2015

            Temanggung, rabu (17/6) terjadi kebakaran di petak 10 B1 RPH Kwadungan, Kabupaten Temanggung. Penyebab kebakaran diduga karena aktivitas warga yang membuat arang di sekitar lereng Gunung Sindoro.
            Kebakaran di kawasan lereng Gunung Sindoro ini terjadi pada hari rabu pukul 09.00 pagi. Kepulan asap terlihat membumbung tinggi hingga terlihat sampai wilayah Temanggung. Hingga rabu sore, api baru dapat dipadamkan di lahan seluas 4,5 hektar di sisi sebelah timur Gunung Sindoro. Kebakarannya terjadi di ketinggian sekitar 1.700-1.800 meter di atas permukaan laut(Mdpl). Jenis tanamanan yang terbakar adalah semak belukardan rumput ilalang.
            Pihak terkait sudah berupaya memadamkan titik api di lahan sekitarnya sejak pagi, hanya saja api masih merambah ke wilayah lain dan belum tuntas dipadamkan. Penyebab kebakaran ini diduga karena dari aktivitas pembuatan arang yang dilakukan oleh warga sekitar. Ada warga sekitar yang mencuri-curi kesempatan dengan seenaknya membakar kayu, membuat arang di kawasan hutan. Selain aktivitas pembuatan arang yang berada di hutan ada pula penyebab lain seperti perilaku manusia membuang putung rokok sembarangan, pendaki yang lupa mematikan api unggun dan pembakaran sampah yang keliru.

            Dalam hal ini pemerintah setempat selalu mengingatkan warga agar berhati-hati terhadap kelestarian hutan. Untuk menjaga bersama agar kejadian ini tidak terulang. Seharunya pihak terkait jangan hanya mengingatkan saja akan tetapi juga memberikan lapangan pekerjaan lain atau pelatihan agar warga tidak kembali lagi melakukan aktivitas pembuatan arang di hutan, yang dampaknya akan merusak ekosistem lingkungan sekitar, banyak satwa-satwa yang mati dan turun gununga lalu masuk pemukiman penduduk dan merusak. Selain itu juga akan berdampak terjadinya longsor karena sekiranya pohon-pohon di lereng hutan tersebut untuk menampung cadangan air hujan setelah terjadi kebakaran maka akan terjadi longsor dan berkurangnya cadangan air besir.

0 comments:

Post a Comment