26.10.15

Kenali Tanda Stres Sejak Awal


Tri Jumiati

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta




Stres adalah bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental. Bentuk ketegangan itu sangat mempengaruhi kinerja seseorang. Stress juga dapat membuat produktivitas menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental. Sumber stress disebut dengan stressor dan ketegangan yang di akibatkan karena stress disebut strain.

Faktor-faktor yang membuat pekerjaan itu stressful (stress dalam pekerjaan)
  1. Tuntutan kerja, pekerjaan yang terlalu banyak sehingga harus lembur.
  2. Jenis pekerjaan, perkerjaan yang diberikan tidak sesuai.
  3. Pekerjaan yang menuntut tanggung jawab bagi kehidupan manusia, seperti tenaga medis yaitu dokter.
Tipe-tipe stress :

  1. Tekanan : hasil hubungan antara peristiwa-peristiwa persekitaran dengan individu. Tekanan mental adalah sebagian dari kehidupan manusia.
  2. Frustrasi : suatu harapan yang diinginkan dan kenyataan yang terjadi tidak sesuai dengan yang diharapkan.
  3. Konflik : suatu proses social antara dua orang atau lebih seperti kelompok dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain denganmenghancurkannyaataumembuatnyatakberdaya.
  4.  Kecemasan : suatu ketegangan, rasa tidak aman, kekhawatiran, yang timbul karena dirasakan akan mengalami kejadian yang tidak menyenangkan.
Cara mengatasi stress melalui dukungan sosial, jenis- jenis dukungan sosial :

  1. Dukungan emosional (emotional support), yaitu mencakup ungkapan empati, kepedulian dan perhatian terhadap orang yang bersangkutan.
  2. Dukungan penghargaan (esteem support), yaitu terjadi lewat ungkapan penghargaan yang positif untuk individu, dorongan maju atau persetujuan dengan gagasan atau perasaan individu, dan perbandingan positif individu dengan individu lain, seperti misalnya perbandingan dengan orang-orang yang kurang mampu atau lebih buruk keadaannya.
  3. Dukungan instrumental (instrumental support), yaitu mencakup bantuan langsung yang dapat berupa jasa, waktu, atau uang.
  4. Dukungan informatif (informational support), yaitu mencakup pemberian nasehat, petunjuk-petunjuk, saran-saran, informasi atau umpan balik.
  5. Dukungan jaringan sosial (companionship support), yaitu mencakup perasaan keanggotaan dalam kelompok.  


Sumber :Mil. (2015). KenaliTandaStresSejakAwal.Kompas.26 September, halaman36.

0 comments:

Post a Comment