27.10.15

KECELAKAAN PADA ANAK

Inda Stella Faubun
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
yogyakarta

Rumah merupakan tempat keluarga kita berteduh. Setiap keluarga menginginkan rumah yang nyaman, tenang dan bebas kecelakaan. Kecelakaan dapat terjadi karena sikap kita yang tidak peduli pada resiko kecelakaan. Anak-anak rentan terkena kecelakaan. Sifat anak-anak yang ingin tahu dan belum memahami bahaya tindakan yang akan dilakukannya. Misalnya
anak berlari di atas lantai yang masih basah sehingga terjatuh atau anak yang bermain di dapur tentu berisiko terkena luka bakar dapat terjadi bila tidak adanya pengawasan.
Penanaman sikap waspada pada kecelakaan terhadap semua anggota keluarga, mulai dari keluarga inti, keluarga besar, maupun pembantu rumah tangga sangat berpengaruh dalam mengawasi anak-anak.
Berikut tips untuk mencegah kecelakaan pada anak di rumah, antara lain gunakan pagar pengaman pada tangga rumah anda; beri pengaman dan kunci jendela ruangan; tutup stop kontak listrik yang terbuka; jangan pernah meninggalkan anak sendirian di kamar mandi, dapur, halaman, dan kolam renang tanpa pengawasan anda; jauhkan atau simpan benda-benda tajam, obat-obatan, bahan pembersih atau kimia dari jangkauan anak-anak; pilihlah mainan yang aman untuk anak seusianya. Sedangkan untuk mencegah terjadi kecelakaan saat di luar rumah yang perlu dilakukan, yakni ajarkan anak anda bagaimana, kapan, dan dimana menyeberang jalan dengan aman; ajarkan anak untuk tidak berbicara dan menolak ajakan dari orang yang tidak dikenal; pastikan anda tahu dimana dan dengan siapa anak anda bermain; dan pastikan anak anda bermain sepeda dengan alat pengaman seperti helm.
Sumber:

Djauzi, Samsuridjal.(2015).Kecelakaan pada Anak.Kompas, 12 Mei 2015.

0 comments:

Post a Comment