27.10.15

MENCINTAI YANG DIBENCI

Inda Stella Faubun
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Banyak orang yang sering dihadapkan pada pekerjaan yang tidak disukai dan sering terjadi pada karyawan baru fresh graduate. Setelah lulus dan akhirnya wisuda, mahasiswa sering merasa bingung mencari pekerjaan,
sehingga kebanyakan memiliki pemikiran bahwa yang penting adalah mendapat pekerjaan terlebih dahulu.
Fenomena ini terjadi karena adanya unsur keterpaksaan. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar lebih menikmati pekerjaan yang tidak sesuai dengan basic. Hal pertama yang dilakukan adalah menyadari bahwa pekerjaan adalah menjalankan tugas di dalam lingkungan profesional. Jadi, kondisi apa pun yang dihadapi, karyawan perlu melalui semua proses yang berlangsung.
Kedua, jangan mengeluh. Setiap pekerjaan pastilah memiliki sisi-sisi yang membuat ketidaknyamanan. Maka, ubahlah pemikiran anda dan yakinkan pada diri sendiri bahwa pekerjaan sudah ada di tangan dan ada pemasukan bulanan. Stay be calm and thinking positive.
Ketiga, syukurilah hal yang sederhana dalam pekerjaan anda. Keempat, seberapa cobaan dan konflik di lokasi kerja, berusahalah untuk tetap berpikir positif. Kelima, seburuk apa pun perlakuan orang di sekeliling anda dalam pekerjaan, tetaplah percaya pada diri anda dan lakukan yang terbaik.
Hal yang tidak disukai dapat memberi sebuah pengalaman yang membuat kita menjadi lebih menghargai diri dan kemampuan kita, serta cara kita dalam menyesuaikan dengan sesuatu yang kita dapatkan sebelumnya.

Sumber:
……(2015).mencintai yang dibenci.Kompas.

0 comments:

Post a Comment