28.9.15

Umum : Teori Penenang

Teori Penenang
Psikologi Umum
Fiki Fatimah
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Tenang mempunyai persamaan arti dengan kata damai,memliki konotasi positif karna hampir tidak ad orang yang menentang perdamaian,sedangkan perdamaian itu sendiri merupakan tujuan utama dari kemanusiaan.Damai juga dapat berarti sebuah ketenangan,semisal di daerah terpencil dibiarkan untuk tidur atau meditasi serta dapat menggambarkan keadaan emosi dalam diri seseorang.
Namun menurut djodi “super bejo” sebagai penyanyi kondang yang terbiasa menghadapi orng banyak tenang adalah keadaan dimana diri kita yang mampu menenangkan dirinya sendiri dan dapat mengambil hati orang banyak agar tidak chaos.
Persoalannya disini adalah bagaimana cara seseorang menghadapi berbagai macam manusia dengan latar belakang yang berbeda,seseorang yang sudah menganggap dirinya dikenal banyak orang biasanya sudah terbiasa menganggap bahwa dirinya dapat mengendalikan diri di depan orang banyak,dan dapat mengendalikan massa yang menjadi beringas ketika sudah berkumpul dengan orang yang berbeda-beda latar belakangnya.

Dengan cara :
1.      Memahami diri sendiri terlbih dahulu sebelum memahami orang lain
2.      Menyamankan bahwa orang lain sama dengan diri kita
3.      Menganggap mereka mempunyai kelebihan di bandingkan diri kita
4.      Mengetahui kelebihan dan kekurangan
Dengan 4 hal diatas makan kita akan dengan mudah kita akan memahami orang lain yang melihat segala sesuatunya dengan wajar apa adanya.
Menilai bukan cara mengukur atau menilai diri sendiri dan orang lain,karena hanya ego/nafsu yang akan di anggap baik/buruk.

Sumber : HEI.(2015).Teori Penenang.Kompas.21 April,Hal 32


0 comments:

Post a Comment