28.9.15

Masjid ; Menjaga nilai-nilai sosial di masyarakat

Masjid ; Menjaga nilai-nilai sosial di masyarakat
Psikologi Sosial
Fiki Fatimah
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Menggunakan masjid sebagai wadah atau tempat bagi seorang muslim untuk melaksanakan kegiatan keagamaan merupakan fungsi masjid,akan tetapi berbeda dengan masjid yang di kembangkan oleh Buya Hamka yakni masjid Al-Azhar.
Masjid yang berdiri di tengah modernitas ibu kota Indonesia,masjid yang tetap berdiri kokoh tanpa kehilangan jati dirinya karena sebutan agung (utama),masjid yang fungsinya bukan hanya sebagai tempat kegiatan keagamaan tapi juga masjid yang digunakan sebagai pengembangan pendidikan.
Mungkin identiknya nama Al-Azhar identik dengan nama sekolahakan tetapi lahirnya pendidikan Al-Azhar bukan dari sekolah membangun masjid akan tetapi masjid berdiri lahirlah sekolah.

Cara masjid ini melahirkan manusia berkualitas adalah dengan mengembangkan pendidikan berdasar akidah agama dan berjiwa sosial tinggi yang berbasis Islam.
Menjaga nilai sosial yang ada pada sebuah lingkungan yang sudah menjadi tradisi serta kebiasaan merupakan hal yang tidak mudah apalagi warga yang ada di sekitarnya berbagai macam latar belakang.
Fungsi nilai sosial di masyarakat adalah :

1.      Alat motivasi untuk memberi semangat pada manusia agar mewujudkan dirinya dalam perilaku sosial.
2.      Sarana untuk menetapkan harga sosial. Nilai-nilai sosial digunakan untuk mengukur penghargaan sosial yang patut diberikan kepada seseorang atau golongan.
3.      Petunjuk arah atau cara berpikir dan bertindak warga masyarakat secara umum diarahkan oleh nilai-nilai sosial yang berlaku.
4.      Alat solidaritas yang berfungsi mendorong masyarakat untuk saling bekerja sama untuk mencapai sesuatu yang tidak dapat dicapai sendiri.
5.      Kontrol sosial terhadap nilai-nilai yang dapat menjadi acuan bagi setiap tindakan individu, serta interaksi antaranggota masyarakat.
6.      Sebagai benteng perlindungan, karena nilai sosial merupakan tempat perlindungan yang kuat dan aman terhadap ancaman dari luar sehingga masyarakat akan senantiasa menjaga dan mempertahan kan nilai sosialnya.



Sumber : VOC . (2015) . fungsi nilai social . Kompas . 19 juni . hal 24

0 comments:

Post a Comment