28.9.15

Menyegarkan pemikiran feminisme di Indonesia

Menyegarkan pemikiran feminisme di Indonesia
Psikologi Umum
Fiki Fatimah
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
Politik jender,perempuan sering di diskriminasi,perempuan yang dulu dianggap hanya sebagai sosok orang yang memiliki tugas sebagai seorang istri dan ibu dari anak-anaknya yang hanya memiliki tugas tradisional.
Sedangkan wanita yang zaman dahulu yang terlalu aktif dalam berpolitik di anggap sebagai kelompok wanita sesat yang mengabaikan tugasnya.
Sebagai contoh RA Kartini yang menggagas pendidikan perempuan yang salah satunya gagasan intelektual tentang budaya feodalisme jawa yang tidak emansipatorik yang berpusat pada sistem aristokrasi lokal.
Selain itu Ny Walidah juga demikian,beliau ikut serta dalam gerakan pembaharu pemikiran islam yang digaga suaminya KH Ahmad Dahlan,beliau menginisiasi pendidikan agama islam perempuan muslim yng ada di jogja.
Begitulah Indonesia waktu itu,memandang sebelah mata wanita yang mencoba ikut serta memperbaiki Indonesia,namun setelah itu pada pemerintahan Soeharto telah melihat hasil dari usaha perempuan,lalu presiden kita ini menerapkan politik jender dan seksualitas dengan mengenalkan ideologi ibuisme negara,yang berisi memformalisasi visi & misi perempuan yang tetap bisa berpolitik namun tidak lupa unsur tradisional sebagai ideologi jender dengan seksualitas negara.

Permasalahnnya meskipun di Indonesia wanita sudah di anggap sebagai hal yang berpengaruh dan ikut andil namun wanita masih di anggap sebelah mata,mengapa perlu penyegaran feminisme di Indonesia,itu karena masih banyak perlakuan bagi wanita tentang jender dan seksualitas masih marak diberlakukan tidak semestinya.
Dengan cara mengadakan pusat belajar (learning center) yang berisi pelatihan jender yang di fasilitasi banyak organisasi feminis.
Lalu mengkader bagi mereka yang akan dan ingin terlibat dalam gerakan feminisme,media lain mungkin pembelajaran jender dan seksualitas yang berupa diskusi warga yang menyertakan organisasi atau kelompok yang berisikan para wanita.


Sumber : Muttaqin.Farid . (2015) . Cara menyegarkan pemikiran feminisme di Indonesia . Kompas . 21 April . Hal. 6

0 comments:

Post a Comment