20.9.15

"SELAMA LIBURAN AKHIR PEKAN Sebanyak 78.000 Wisatawan Kunjungi Gunung Kidul"



RINGKASAN ARTIKEL : SELAMA LIBURAN AKHIR PEKAN

78.000 Wisatawan Kunjungi Gunung Kidul

Jati Pramono
 
Fakultas Psikologi 

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


WONOSARI (KR) – Libur panjang akhir pekan sejak Kamis (14/5) hingga Minggu (17/5), sejumlah objek wisatadi Gunungkidul dibanjiri wisatawan baiklokal, luar daerah dan mancanegara. Dari catatan Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunung kidul selama 4 hari, jumlah pengunjung baik di kawasan pantai maupun di desa wisata mencapai lebih dari 78.000 orang.


Meningkatnya wisatawan, menjadikan seluruh ruas jalan baik jalan Yogyakarta-Wonosari maupun jalur menuju objek wisata dipadati kendaraan wisata. Kemacetan arus lalu lintas tidak bisa dihindari lagi. Kepadatan arus lalu lintas paling serius terjadi pada sabtu (16/5). Mulai dari Simpang Empat Gading sampai Bundaran Siyono pada Sabtu sore terjadi kemacetan panjang hingga malam hari.

“Guna melancarkan arus lalu lintas baik di titik-titik rawan kecelakaan maupun di pos-ps retribusi petugas Disbudpar Gunungkidul dibantu aparat dari polres Gunungkidul, Dinas Perhubungan dan Kminfo, Sat Pol PP dan dari Kdim 0730 Gunungkidul,”kata Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Disbudpar Hary Sukmono ST kepada KR, Minggu (17/5).

Dari pantauan di Desa Wisata Sri Getuk Bleberan Playen, jumlah kunjungan wisata selama libur 4 hari kemarin terjadi kenaikan, mencapai 4.000 pengunjung.

“Mengantisipasi terjadinya kemacetan terutama pada jalur simpang tiga Srikoyo sampai ke Kawasan Sri Getuk, dikerahkan aparat dari Polsek Playen, karena untuk menuju ke Sri Getuk masih terkendala satu jalan yang relatif sempit sehingga harus mengantre. Selain itu juga tempat parkir kendaraan tidak lagi menampung kendaraan yang masuk, “kata Ketua Desa Wisata Sri Getuk Tri Harjono.

Sementara itu, kondisi arus lalu lintas di jalan Wonosari-Yogya didominasi angkutan wisatawan terutama kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat. Dampak terjadinya peningkatan arus lalu lintas, sepanjang Wonosari-Yogya khususnya pada arus balik wisatawan sore hari Sabtu danMinggu (16-17/5) terjadi kemacetan panjang.

Kita sudah lakukan antisipasi dengan menerjunkan tim pengurai kemacetan,’ kata Kapores AKBP Hariyanto, SIK, Minggu (17/5).
(Awa/Bp/ed)-e
Sumber Pustaka :

Waluyo, Agus dkk.(2015). SELAMA LIBURAN AKHIR PEKAN,78.000 Wisatawan Kunjungi Gunungkidul, Kedaulatan Rakyat.




0 comments:

Post a Comment