20.9.15

"Hidroponik Potensial Dikembangkan"



RINGKASAN ARTIKEL : Hidroponik Potensial Dikembangkan

Jati Pramono

Fakultas Psikologi 

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


YOGYA (KR) – Para pecinta hidroponik di berbagai daerah untuk pertama kalinya menggelar temu karya dan gelar teknologi di kompleks Pasar Ikan Higienis (PIH), Jalan Tegalturi Giwangan Yogyakarta, Sabtu (13/6). Pertemuan tersebut diharapkan mampu menginspirasi pembentukan asosiasi hidroponik se-Indonesia. Hal ini lantaran sistem hidroponik  sangat potensial dikembangkan.


Penanggung jawab kegiatan Farikin Harmadi mengungkapkan, pecinta sekaigus pelaku hiroponik di Yogyakarta sebenarnya cukup banyak. Namun masih sebatas individual dan belum memiliki kelembagaan yang kuat. “Makanya sekarang kita kumpulkan. Jika sudah ada asosiasi yang kuat, perkembangan pasti akan lebih mudah,” ungkapnya di sela pembukaan temu karya dan gelar teknologi hidroponik.

Kegiatan yang baru pertama kalinya diselenggarakan ini turut didukung SKH Kedaulatan Rakyat. Sejumlah peserta yang hadir antara lain berasal dari wilayah DIY, Kebumen serta Solo. Pertemuan masih berlangsung hingga Minggu (14/6).

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta, Tri Kirana Muslidatun yang membuka temu karya tersebut mengungkapkan, lahan di perkotaan diakuinya, semakin terbatas. Namun jika masyarakat memiliki kesadaran berkebun, maka sistem hidroponik menjadi solusi atas keterbatasan lahan serta kondisi tanah yang kering.                                                                                                             
 (Dhi)-a


Sumber Pustaka :

Wahdan, Ardhi. (2015). Hidroponik Potensial Dikembangkan. Kedaulatan Rakyat, 22 Mei.


 

0 comments:

Post a Comment