13.9.15

RINGKASAN ARTIKEL: DIY Buat Perda Pelestarian Habitat Alami

Umi Fatimah
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
 Yogyakarta

Upaya pelestarian tanah dapat dilakukan dengan cara menggalakkan kegiatan menanam pohon atau penghijauan kembali (reboisasi) terhadap tanah yang semula gundul. Seperti di Daerah Yogyakarta membuat peraturan tentang pelestarian habitat alami untuk melindungi bentang alam yang memiliki fungsi penting bagi lingkungan. Joko menjelaskan, DIY memiliki berbagai habitat alami salah satu contoh adalah gumuk atau bukit pasir dipesisir. Gemuk pasir berperan mencegah terjadinya abrasi atau terkikisnya daratan pantai akibat gelombang air laut. Namun, sejak beberapa tahun lalu, keberadaan gemuk pasir kian terancam berbagai sebab, terutama pembangunan tambak udang disekitar gemuk.  Kerusakan juga terjadi dipegunungan kart dikabupaten gunung kidul. Joko menegaskan, kerusakan yang lebih luas dibeberapa bencana alam harud dicegah, termasuk dengan membuat peraturan hukuman. Untuk daerah perbukitan atau pegunungan yang posisi tanahnya miring perlu dibangun terasering atau sengkedan, sehingga mampu menghambat laju aliran air hujan.

Hubungannya dengan psikologi lingkungan yaitu Apabila masyarakat belum bisa peduli dengan lingkungan sekitar maka akan berakibat buruk dengan lingkungan itu sendiri dan akan membahayakannya. Maka dari itu perlu adanya kesadaran dari diri sendiri barulah mengajak orang lain untuk menjaga lingkungan dan membersihkannya.


Sumber berita:

Joko, (2015). Pelestarian Habitat Alami. Kompas. 14 maret, halaman 24 

2 comments:

  1. Bunda Umi, bikin kliping ya? Kok rajin banget sih. Pada umumnya masyarakat sekarang lebih suka membaca berita di internet, sedangkan bunda Umi kok bikin kliping? Semoga murid-muridnya juga suka membaca seperti bunda Umi yang keren ya. Eh saya salah satu orangtua murid lho. Kalau saya juga ikut bikin kliping di sekolah bunda Umi boleh? Direspon ya.

    ReplyDelete
  2. Bagi kamu yang mendukung banget lingkungan sekitar serta ingin penghijauan, ayo dukung kami sebagai kemasan makanan kertas yang wajib digunakan untuk pengganti plastik. Lebih banyak tentang kami dapat Anda temukan di sini http://www.greenpack.co.id/

    ReplyDelete