13.9.15

PSIKOLOGI LINGKUNGAN “PABRIK SAUS PAKAI BAHAN PEWARNA TEKSTIL”



YUDHA ANDRI RIYANTO
13.310.410.1044
FAKULTAS PSIKOLOGI UNTIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Kejadian ini  sangat menjadi bahan pertimbangan saat mengkonsumsi bahan pangan, atau tambahan makanan. Pabrik saus “MAKARYO FOOD” yang beralamatkan di congol, karangjati, Kabupaten semarang digerebek aparat polres semarang. Suparno yang juga pemilik Pabrik MAKARYO FOOD tersebut memproduksi saus bermerek  SARI HARUM, saat ini sudah dijerat Undang – Undang no 18 tahun 2012 tentang pangan.
Setelah diteliti pabrik tersebut menggunakan bahan kimia, yang biasa digunakan dalam industri garmen, untuk pakaian. Berawal dari kecurigaan masyarakat dengan label saus tersebut tidak mencantumkan izin BPOM.
Informasi dari pemilik saus, mengatakan bahwa saus – saus berbahan kimia tersebut sudah berjalan selama 2 tahun terakhir. Suparno mengaku hasil produksinya, dijual kepada pedagang kaki lima dan penjual saus sekitar Bergas dan Ungaran.
AKBP Muslimin A, menghimbau  masyarakat luas dan para pedagang untuk lebih berhati – hati dalam mengkonsusmsi makanan. Dalam kasus ini pihak berwajib terus meminta keterangan dari pemilik pabrik saus MAKARYO FOOD. Suparno membantah jika pewarna makanannya itu tidak berbahaya, dan membantah tentang perijinan. Suparno menegaskan bahwa ijin sudah ada tapi masa berlakunya sudah habis belum diperpanjang. Suparno juga meyakinkan dirinya dan keluarganya mengkonsumsi saus tersebut.
Dalam kasus bahan makanan seperti ini mungkin masyarakat luas dapat berhati – hati dan peka dengan kejangalan – kejangalan di merek makanan. Hal yang harus dicermati adalah ijin dari dinas kesehatan atau BPOM. Banyak zat kimia yang masuk dalam tubuh dapat merusak organ – organ tertentu dan menyebabkan penyakit kronis.
Pencegahan sejak dini sangat dianjurkan pada semua kalangan, dengan cara meberikan jajan dan mengkontrol makan anak – anak dengan serius. Mungkin dari mengajarkan sebab akibat jika mengkonsumsi makanan ber bahan zat kimia dan sering memakan makanan mengandung MSG.

Sumber: kompas.com. 2015. Pabrik saus pakai bahan pewarna tekstil. From : Tribun jogja, April 13, 2015.

0 comments:

Post a Comment