25.9.15

Penilaian kinerja yang tidak adil

Naurmi Rojab Destiya (034)
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Assalamualaikum,..
Pada kesempatan kali ini seorang teman saya, bernama Siska menemui saya dan bercerita bahwa ditemapt kerjanya ada penilaian kerja yang menurutnya tidak adil. Siska bekerja sebagai seorang kasir disebuah swalayan dikota Jogja. 

Ia mengatakan bahwa ditempat kerjanya setiap 3bulan sekali ada penilaian kerja. Entah untuk manajer swalayan, dan untuk para karyawan. Pertama semua karyawan diharuskan mengisi from yang berisi pertanyaan, sebagai contoh, apakah anda merasa nyaman bekerja disini? Lalu harus ada penjelasannya. Kedua pemilik swalayan akan mewawancarai semua karyawan swalayan. Menanyakan hal-hal mengenai pekerjaan, kenyamanan, masalah dalam swalayan, kerja sama antar karyawan sampai membandingkan kinerja karyawan terhadap standar yang telah ditetapkan (S.O.P standard operating procedure) atau memperbandingkan kinerja antar karyawan yang memiliki kesamaan tugas. Tetapi hal ini membuat Siska tidak nyaman ketika pemilik membanding-bandingkan Siska dengan karyawan lainnya. 
  


Saran yang diberikan :
  1. Pada dasarnya Penialaian kerja merupakan suatu sistem penilaian secara berkala terhadap kinerja karyawan/pegawai. Hal ini juga yang mendukung kesuksesan sebuah perusahaan, organisasi, yang terkait dengan pelaksanaan tugas karyawan/pegawai.
  2. Penilaian kerja harus disikapi dengan postitif sebagai introspeksi terhadap diri sendiri.
  3. Dengan proses penilaian yang demikian, Siska harus bekerja semaksimal mungkin, mengerjakan semua tugasnya sesuai dengap S.O.P supaya pemilik swalayan puas dengan kinerjanya. Jika pemilik swalayan membandingkan kerjaan anda dengan orang lain, jika itu lebih baik, jadikan hal itu menjadi hal yang positif. 
  4. Semua hal yang dikeluhkan sebaiknya disampaikan kepada pemilik swalayan untuk memecahkan masalah yang ada.. kinerja yang baik tentunya juga akan membuat pemilik menjadi lebih puas dan simpati dengan kerja anda. 
  5. Hasil penilaian kinerja akan menghasilkan dan menggambarkan kondisi kualitas karyawan yang ada dalam perusahaan, hasil yang didapat, harus ditindak lanjuti oleh anda dengan program pengembangan, peningkatan kinerja  dari kondisi saat ini menuju kondisi yang diharapkan oleh pemilik.

0 comments:

Post a Comment