14.9.15

Mengapa Perkembangan Bisinis Terhambat?

Inda Faubun
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Bisnis adalah organisasi yang menyediakan barang atau jasa untuk kebutuhan konsumen yang sedang dibutuhkan dengan tujuan untuk mendapatkan laba dalam jumlah yang besar. Dalam berbisnis, seringkali perkembangan suatu bisnis yang baru dirintis dapat terhambat oleh beberapa faktor, baik faktor internal dan faktor eksternal.
Faktor-faktor tersebut antara lain:
seorang pebisnis baru seringkali tidak memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang saat ini, adanya sikap menutup diri dari lingkungan sekitar, tidak bisa mempertahankan pelanggan,  tidak adanya produk baru yang akan dipasarkan, permodalan yang kurang dan tidak ada SDM yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Hal ini sering terjadi pada pebisnis muda dan yang terlibat dalam hal ini bukan saja pemimpin, tapi juga para karyawan yang ada dalam organisasi tersebut. Terhambatnya perkembangan bisnis pada umumnya terjadi pada organisasi atau perusahaan kecil yang baru dirintis dan dapat terjadi kapan saja.
Maka langkah yang harus di ambil adalah menentukan kebutuhan dan keinginan yang paling mendasar dari konsumen (masyarakat), memanfaatkan teknologi yang lagi berkembang saat ini khususnya untuk pemasaran, memberdayakan para karyawan menjadi SDM yang berkompeten dengan melalui pelatihan, dan lebih membukakan diri pada perubahan zaman saat ini dan khususnya dengan lingkungan sekitar.

Sumber tulisan:

Penyebab Perkembangan Bisnis Terhambat.Kompas, 6 Mei 2015.Hal 34.

0 comments:

Post a Comment