14.9.15

TRIK HADAPI SINDROM HARI PERTAMA KERJA

Inda Faubun
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Hari pertama kerja selalu menjadi momok yang menakutkan bagi seorang karyawan baru. Apalagi bila bertemu dengan teman baru, lingkungan baru, suasana baru, hingga bos baru. Ketakutan akan hari pertama kerja bisa semakin memburuk saat mendengar komentar dari orang lain mengenai suasana kerja di kantor yang dituju.
Hal ini sudah menjadi sindrom bagi karyawan baru. Sindrom hari pertama kerja tentunya dialami oleh karyawan baru dan terjadi pada kantor baru dari karyawan tersebut. Sindrom ini juga terjadi ketika hari pertama dari seorang karyawan. Jika sindrom hari pertama ini terus menjadi momok bagi karyawan baru, maka apa saja tips untuk menghadapi sindrom hari pertama tersebut? Berikut tips untuk menghadapi sindrom hari pertama kerja.
Tips yang pertama, jangan telan mentah-mentah apa yang dibicarakan oleh orang lain mengenai kantor yang akan di tuju dan ubahlah pemikiran anda yang negatif, be positive thinking. Di hari pertama kerja, jangan menunggu untuk rekan satu ruangan anda yang terlebih dulu berkenalan dengan anda, tetapi berkenalanlah lebih dulu dengan mereka dan jangan lupa untuk mengingat nama-nama dari rekan satu ruangan dengan anda. Jika perlu, catat nama dan nomor ponsel mereka pada buku agenda anda atau agar simplenya simpan nomor ponsel mereka pada kontak ponsel anda. Waktu yang lebih nyaman untuk berbicara dengan rekan baru adalah saat istirahat. Jika mengajak bicara saat bekerja, anda bisa mengganggu konsentrasi kerja dari rekan baru anda. Karena waktu ideal adalah saat istirahat, maka saat berbicara dengan rekan baru sebaiknya anda bersikap dengan wajar dan apa adanya. Jangan mengumbar cerita hanya untuk rekan baru anda terkesan dengan diri anda dan akhirnya dapat merugikan diri anda sendiri.
Bersikap ramah dan menyenagkan terhadap semua orang. Sapaan di pagi hari atau mengucapkan terima kasih bisa menjadi hal sederhana yang anda lakukan dan hal itu dapat membuat rekan anda menjadi nyaman dan merasa dihargai. Sebisa mungkin, nergabunglah dengan acara-acara yang diadakan oleh kantor anda dan tempatkan diri sebaik mungkin dan biarkan rekan-rekan anda mengenal dan menilai sendiri diri anda.

Sumber tulisan:

Ino.(2015).Tips Hadapi Sindrom Hari Pertama Kerja.Kompas, 14 Juni 2015. Hal 37.

1 comment: