28.9.15

Beri Warga Desa Bate Realisasi


Tri Jumiati
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Realisasi adalah tindakan mewujudkan atau pencapaian suatu rencana, cita – cita atau keinginan. Desa Bate berjarak sekitar 50 kilometer dari kota Jayapura, ibu kota Papua. Desa Bate dihuni sekitar 1.000 keluarga, yang 287 keluarga di antaranya warga asli papua. Transmigran terbesar di daerah itu berasal dari Maluku dan Toraja, Sulawesi Selatan, dan sebagian besar masyarakat bekerja sebagai petani dan peternak.
Fabianur dan masyarakat Desa Bate lainnya meminta pembangunan sekolah tingkat kanak – kanak, sekolah dasar, dan sekolah mengah pertama segera di realisasikan, karena saat ini di Desa Bate hanya terdapat satu pendidikan anak usia dini (PAUD) yang berdiri atas swadaya masyarakat. Anak – anak di sana pun harus berjalan kaki sepanjang 10 – 15 kilometer untuk mencapai sekolah terdekat yang berada di Desa Arso Kota, sehingga menyebabkan anak – anak asli di daerah itu putus sekolah karena sulit untuk mengakses sekolah terdekat.
Semoga bupati dan wakil bupati tak hanya sekedar memberi janji belaka tetapi memberi bukti. Harapan Fabianur, hendrikus, dan warga Desa Bate lainnya hanya bagian kecil dari curahan hati penduduk Papua, termasuk di perbatasan khususnya. semoga mereka tak lagi hanya di berikan teka – teki dan janji  - janji, tetapi realisasi.

Sumber berita :

Mahar. M. Ikhsan. (2015). Beri Warga Desa Bate Realisasi. Kompas, 19 september. Halaman 5.

0 comments:

Post a Comment