28.9.15

Tenaga Kerja;Pengusaha agar tidak mengurangi karyawan

Pengusaha agar tidak mengurangi karyawan
Psikologi Industri & Organisasi
Fiki Fatimah
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Dengan melemahnya posisi Rupiah saat ini yang hanya berkisar pada angka Rp. 13.000 per dolar,berpengaruh pada kegiatan produksi industri di kota Tangerang,Banten.
Harga dolar yang sekian itu menjadi bahan pertimbangan para pengusaha/perusahaan itu sendiri untuk mengurangi produksi karena penggunaan bahan baku impor yang tidak sebanding dengan harga jual di tingkat lokal yang mengakibatkan membengkaknya biaya yang harus di keluarkan perusahaan itu sendiri.
Berbagai usaha telah dilakukan oleh pihak manajemen perusahaan/pengusaha itu sendiri seperti penghematan biaya operasional,jumlah produksi,penggunaan listrik,dan air.

Namun apabila 3 bulan ke depan nilai rupiah masih tertekan maka pihak manajemen akan memutuskan untuk mengurangi karyawan.
Persoalannya adalah bagaimana cara pemerintah Indonesia untuk menaikkan nilai rupiah agar perusahaan/pengusaha tidak mengurangi karyawan.
Cara pemerintahan Indonesia mengatasi hal itu adalah sebagai berikut :
1.      Dari sisi fiscal pemerintah telah mengeluarkan sejumlah paket kebijakan untuk meningkatkan ekspor dan menekan impor. Demikian pula dari sisi moneter.
2.      Demikian pula dari sisi moneter, Bank Indonesia juga telah menaikkan BI rate, yang menjadi acuan suku bunga perbankan.



Sumber : PIN . (2015) . Cara Pemerintah Menaikkan Rupiah Solusi Para Pengusaha Untuk Tidak Kurangi Tenaga . Kompas . 20 Mei .Hal 18 

0 comments:

Post a Comment