28.9.15

Kisah Irasional

Kisah Irasional
Psikologi Sosial
Fiki Fatimah
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Mencuri adalah mengambil sesuatu yang bukan haknya tanpa sepengetahuan pemiliknya,sebuah kisah irasional yaitu mencuri nisan kuburan karena bumingnya batu akik,persoalannya motivasi apa yang menjadikan orang ini mencuri nisan kuburan,padahal banyak masih harta  atau benda lain yang bisa dicuri selain nisan kuburan.
Motivasi seseorang untuk melakukan sesuatu hal yang bukan semestinya,terlebih lagi bukan benda yang harusnya dicuri seperti nisan kuburan terkadang adalah hal yang sepele menurut anggapan kita,kleptomania adalah penderita penyakit jiwa yang membuat penderita tidak dapat menahan diri untuk mencuri barang/benda yang tidak pada umumny diambil/dicari orang lain.
Penderita kleptomania biasanya merasakan ketegangan subjektif sebelum mencuri dan merasakan kelegaan atau kenikmatan setelah mereka melakukan tindakan tersebut,biasanya didorong atau di motivasi keuntungan dan direncanakan sebelumnya.
Gejala kleptomania adalah sebagai berikut :
1.      Dorongan yang kuat dan mendesak untuk mencuri item yang tidak begitu dibutuhkan.
2.      Adrenalinnya terpaku saat melakukan pencurian jika orang tersebut benar menderita kleptomania.
3.      Merasa nikmat dan puas stelah melakukan hal tersebut.
4.      Merasa bersalah atau malu setelah melakukan pencurian
Banyak yang menyamakan orang penderita kleptomania sebagai pengutil/pencuri,tetapi bedanya kalau penderita kleptomania disebabkan karena gangguan jiwa,akan tetapi jika pengutil adalah kebiasan buruk.


Sumber : Kartaredjasa,Butet.(2015).kisah irasional.Kompas.21 April.Hal 32

0 comments:

Post a Comment