4.7.24

Artikel Personal Construct Teory Geoge A Kelly

 Mata Kuliah: Teori Kepribadian

Dosen Pengampu: FX. Wahyu Widiantoro, S.Psi., MA

Personal Construct Teory

Geoge A Kelly

Chony Babys (23310420002)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Teori konsep pribadi dari georgea Kelly tidak sama seperti teori-teori kepribadian lain. Teori tersebut dengan bermacam-macam namanya yaitu teori kognitif teori behavioral dan teori eksistensial. Tidak satupun dari sebutan tersebut untuk menyebut teori Kelly barangkali istilah yang paling tepat ialah "metateori" atau teori-teori lain. menurut Kelly semua orang mengantisipsi peristiwa-peristiwa dengan makna-makna atau interpretasi yang ditempatkan pada peristiwa-peristiwa tertentu. Makna atau interpretasi ini dinamakan konstruks-konstruk (Construk) . Teori Konstruk Personal George Kelly menjelaskan bagaimana individu secara aktif menginterpretasi dan memprediksi dunia mereka melalui sistem konstruk yang unik. Konstruk ini ibarat lensa yang membantu mereka memahami dan bereaksi terhadap pengalaman.

Struktur Kepribadian

Manusia berusaha memahami untuk memahami dunia seperti halnya seorang ilmuawan. Suatu konstruk personal adalah cara seseorang dalam melihat hal-hal yang serupa,namun juga berbeda dari hal-hal lain. Jadi saat individu mampu mempersepsikan sesuatu secara jelas ataupun samar-samar ,maka konstruk personal akan membentuk perilaku seseorang. Manusia akan ,menggunakan personal contructs untuk memahami dunia seperti sebuah paradigma Stuktur kunci dalam teori kepribadian kelly adalah persoanal contruct. persoanal contruct merupakan struktur kognitif yang digunakan seseorang untuk menginterpretasi dan meramalkan peristiwa-peristiwa atau keadaan. Menusia membangun dan mengembangkan konstrak sepanjang hidupnya.

Dinamika Kepribadian

Kelly menguraikan dan membagi konsep dasar yang spesifik dalam bentuk 11 corollaries untuk menjelaskan sistem konstruk yaitu:

1. Construction Corollary: individu membangun prediksi masa depan berdasarkan pengalaman berulang

2. Individuality Corollary: Setiap individu memiliki pengalaman unik, sehingga konstruksi mereka terhadap suatu peristiwa pun berbeda.

3. Organization Corollary: Individu cenderung mengatur konstruksi dalam pola yang sesuai dengan pandangan kita tentang hubungan antar konstruksi.

4. Dicotomy Corollary: Sistem konstruk kita terdiri dari kategori yang berlawanan (misalnya, baik-buruk, cerdas-bodoh).

5. Choice Corollary: Individu memilih pilihan sendiri berdasarkan prediksi mana yang akan menghasilkan masa depan yang lebih baik.

6. Range Corollary: Konstruksi hanya berlaku pada situasi tertentu, dan mungkin tidak relevan dalam situasi lain.

7. Experience Corollary: Konstruksi indivudu berubah berdasarkan pengalaman baru untuk memprediksi masa depan dengan lebih baik.

8. Modulation Corollary: Individumerevisi konstruksi agar sesuai dengan lingkungan baru.

9. Fragmentation Corollary: Individu dapat menerima subsistem konstruktif yang berlawanan.

10. Commonality Corollary: Individu dapat menggunakan konstruksi yang sama dengan orang lain jika memiliki proses psikologis atau budaya yang sama.

11. Sociality Corollary: Individu dapat memahami perilaku orang lain dengan memprediksi bagaimana mereka mengkonstruksi situasi.

Daftar Pustaka

Yustinus Semiun, O. F. M. (2021). Teori-Teori Kepribadian Humanistis. PT Kanisius.

Mulyadi, S., Lisa, W., & Kusumastuti, A. N. (2016). Psikologi kepribadian. Penerbit Gunadarma.


0 komentar:

Posting Komentar