13.6.24

Tugas Essay 5: Psikologi Lingkungan - Eksperimen Tentang Sampah - Oleh Asna Khoirunisa

DOSEN PENGAMPU : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

NAMA : Asna Khoirunisa

NIM : 22310410153

KELAS : SJ

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Mengolah Sampah Menjadi Sesuatu yang Bermanfaat

Sebagai mahasiswa Psikologi Lingkungan saya menyadari bahwa mengolah sampah sangatlah penting. Pada kesempatan kali ini dosen Universitas Proklamasi 45 yaitu Ibu Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA mengajak kami untuk mengolah sampah organik maupun an-organik. Pada hari Minggu, 19 Mei 2024 kami datang ke rumah bu Shinta untuk membuat kompos, eco enzyme, papper bag dan sabun cair. Pertama, kita meilah sampah menjadi 7 jenis yaitu Plastik bening yang sudah dicuci bersih ( bekas makanan jajanan ), Kertas/ tissue (bekas daun pisang, tissue ), botol ( botol coca cola), sticker ( sticker bekas brand minuman coca cola ), kardus ( bekas kardus kue), plastik mika (bekas kardus kue ), plastik berwarna ( plastik bekas chiki,pewangi). 

 Lalu selanjutnya kita membuat kompos. Langkah pertama kita harus menyiapkan alat yaitu pisau, sekop kecil/dapat menggunakan sarung tangan, ember bekas (ember dilubangi di bagian bawah dan samping guna sebagai sirkulasi udara untuk menjaga kelembaban tanah). Kemudian bahan yang digunakan adalah tanah, grajen dari kayu pohon kelapa, sisa sayuran yang sudah dipotong/bisa memakai daun yang sudah dicincang. Cara membuatnya cukup mudah yaitu kita hanya perlu mencampurkan yang pertama dengan memasukkan sedikit tanah dan grajen kedalam ember bekas, kemudian di timpa dengan sayuran yang di cincang, diselingi tanah dan grajen lagi, lalu sayuran, dan seterusnya sampai sayuran habis. Setelah itu, bagian paling atas dibubuhi lagi dengan tanah, agar tidak menimbulkan bau tak sedap dan jamur. Lalu ditutup rapat, diamkan selama 2 minggu, dan kompos bisa langsung digunakan untuk tanaman. 


                                                         

Kemudian  membuat eco enzyme kita hanya membutuhkan sisa sayur, buah-buahan, gula dan air.dicampur lalu diamkan selama 3 bulan. Dengan perbandingan : 1 : 3: 7 lalu di taruh ke tempat dari aqua yang besar dan selang. Eco enzym yang berhasil warna airnya jernih. Eco enzyme mempunyai segudang manfaat seperti, membantu pertumbuhan tanaman, menyerap radiasi, untuk mengepel lantai dan masih banyak lagi. 

Yang selanjutnnya yaitu membuat papper bag bahan yang diperlukan untuk membuat papper bag yaitu kalender atau kertas bekas, lem dan spidol untuk menggambar. Cara membuat papper bag yaitu tinggal kita lem kertas dengan bentuk tas kemudian jika sudah kering di gambar menggunakan spidol. Papper bag yang sudah jadi digunakan sebagai souvenir yang isinya sabun cair dan kompos. Dari kegiatan ini saya senang karena jadi tau bagaimana cara pembuatan kompos, eco enzyme, sabun cair dan papper bag.


0 komentar:

Posting Komentar