10.6.24

Tugas Essay 4: Psikologi Lingkungan - Melakukan upcycling sampah anorganik & merintis sebagai pengusaha ekonomi sirkuler - Oleh C.Dian Eka P

DOSEN PENGAMPU : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

NAMA :  C.Dian Eka P

NIM : 22310410182

KELAS : SJ

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Mari Manfaatkan Sampah

Dirumah saya banyak sekali tumpukan sampah mulai dari yang basah hingga yang kering.Dan dulu hanya dibuang begitu saja.Semenjak mulai digalakkan Bank Sampah dan di desa tempat tinggal saya ada komunitas pemerhati lingkungan hidup dengan memberikan edukasi ke kelompok Dasa Wisma,maka sampah yang dulu dianggap tidak berguna menjadi bermanfaat.

Sampah yang dibuang bermacam-macam dari bungkus makanan,seperti Chiki,Kopi,Kardus,Kertas juga sampah daun. Ternyata bila kita mau dan kreatif bisa dibuat berbagai macam barang yang berguna dan dapat menghasilkan uang.


Awalnya berat dan tidak terbiasa ketika kita harus memilah sampah,namun lambat Laun kita jadi sadar akan manfaat dan kegunaan saat kita harus mendaur ulang sampah.

Banyak sudah barang yang dihasilkan dari sampah seperti salah satu contohnya dari bungkus kopi yang sudah dibersihkan dengan tambahan media kardus bisa disulap menjadi tas.


Hasil dari daur ulang sampah yang lain,kertas koran disulap menjadi hiasan dinding atau mainan anak.Atau bisa diolah dengan cara membuat bubur kertas kemudian dibentuk menjadi wadah untuk tempat pensil atau pulpen atau gunting.

Sampah daun pun bermanfaat,dari daun kering bila dikumpulkan bisa dibentuk topi dengan cara disusun dan dibuat pola topi.

Hasil dari produk ini sekarang sudah dikembangkan ditiap rumah maupun kelompok Dasa Wisma.Kami bisa mengikuti lomba dan mengikuti pameran dan tentunya menunjang penjualan serta pendapatan.

Dari Sampah jadi berkah.

Jangan takut sampah mari kita berkarya dengan sampah.


0 komentar:

Posting Komentar